Madrasah Dibom ISIS, Ulama Top Taliban Tewas

Menu

Mode Gelap
Terbaru! Ini Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Jumat 30 Sepember 2022 Lagi! Kota Bogor Hujan Hari Ini, Jumat 30 September 2022 Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022

Internasional · 12 Agu 2022 08:41 WIB

Madrasah Dibom ISIS, Ulama Top Taliban Tewas


 Abdul Wali alias Omar Khalid Khorasani, komandan senior Taliban Pakistan, Tehreek-e Taliban (TTP), tewas dalam ledakan di timur Afghanistan pada Selasa, 9 Agustus 2022. (Reuters/Jalil Ahmad/CNN Indonesia/Bogordaily.net)
Perbesar

Abdul Wali alias Omar Khalid Khorasani, komandan senior Taliban Pakistan, Tehreek-e Taliban (TTP), tewas dalam ledakan di timur Afghanistan pada Selasa, 9 Agustus 2022. (Reuters/Jalil Ahmad/CNN Indonesia/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Sebuah madrasah di Ibu Kota Kabul, Afghanistan, diterjang bom bunuh diri. Akibat serangan bom tersebut seorang ulama ternama Taliban, Rahimullah Haqqani, tewas, Kamis, 11 Agustus 2022.

Dilansir CNN Indonesia, Haqqani terkenal karena pidatonya yang berapi-api melawan teroris ISIS. Sebelumnya ia selamat dari dua upaya pembunuhan, termasuk satu insiden di Pakistan pada Oktober 2020.

“Madrasah Sheikh Rahimullah menjadi sasaran teroris hari ini dan akibatnya dia (Haqqani) dan salah satu saudaranya mati syahid,” kata juru bicara kepolisian Kabul Khalid Zadran kepada AFP.

Menurut Zadran tiga orang lainnya juga terluka dalam ledakan itu. Sebelumnya ia juga menyebut hanya Haqqani yang tewas dan empat lainnya terluka.

Juru bicara rezim Taliban, Bilal Karimi, mengkonfirmasi kematian Haqqani yang terjadi akibat serangan yang dilakukan oleh musuh pengecut. Namun, Karimi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Beberapa jam kemudian, ISIS mengklaim serangan yang menargetkan Haqqani itu melalui saluran telegramnya. ISIS mengakui pelaku bom bunuh diri telah meledakkan rompi peledaknya di dalam sekolah ulama tersebut.

Sementara itu Haqqani merupakan salah satu pendukung paling terkemuka untuk Taliban dan salah satu yang terbesar dari mereka yang menghasut untuk memerangi ISIS, menurut kelompok teroris itu melalui pernyataan yang diterjemahkan kelompok pemantau organisasi radikal SITE.

Sejumlah sumber Taliban mengatakan meskipun Haqqani tidak memegang posisi resmi di pemerintahan, ia adalah seorang tokoh berpengaruh yang telah mengajar banyak anggota kelompok itu selama bertahun-tahun.

Haqqani dikenal karena pidato kemarahannya terhadap ISIS,  telah melancarkan sederet serangan mematikan di Afghanistan sejak Taliban kembali berkuasa pada Agustus 2021 lalu.

Dalam beberapa bulan terakhir, Haqqani juga secara terbuka mendukung hak anak perempuan untuk bersekolah. Padahal, Taliban terkenal mengekang hak perempuan dan tak mengindahkan hak asasi manusia dengan dalih hukum Islam menurut tafsiran mereka.

Sementara itu sebelumnya ledakan juga terjadi pada Selasa, 9 Agustus 2022. Abdul Wali alias Omar Khalid Khorasani, komandan senior Taliban Pakistan, Tehreek-e Taliban (TTP), tewas dalam ledakan di timur Afghanistan.

TTP mengonfirmasi bahwa mereka memang akan mengumumkan soal kesyahidan seorang pemimpin pusat, tanpa memberikan nama lebih rinci.

Namun, salah satu sumber mengatakan komandan Taliban Pakistan yang tewas adalah Abdul Wali. Ia merupakan komandan yang terkenal dengan nama alias Omar Khalid Khorasani.***

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Pengumuman Putin: Rusia Resmi Caplok 4 Wilayah Ukraina

1 Oktober 2022 - 08:18 WIB

Dituduh Lecehkan Anak-anak, Vatikan Jatuhkan Sanksi untuk Uskup Belo

30 September 2022 - 18:42 WIB

Tok! Thailand Legalkan Aborsi di Usia Kehamilan 20 Minggu

30 September 2022 - 17:31 WIB

Thailand legalkan Aborsi

Inggris Luncurkan Koin Resmi Bergambar Raja Charles III

30 September 2022 - 17:26 WIB

Koin Raja Charles III

Ngeri! Bom Meledak saat Siswa di Afghanistan Ujian, 19 Orang Tewas

30 September 2022 - 15:41 WIB

Meja Bundar Jadi Saksi, PBB Bahas Kebocoran Pipa Gas Nord Stream Rusia

30 September 2022 - 11:14 WIB

Pipa Gas Nord Stream
Trending di Internasional