Thursday, 25 April 2024
HomeOpiniMetode Terapi bagi Anak Remaja Putus Sekolah dengan Terapi Reeducative

Metode Terapi bagi Anak Remaja Putus Sekolah dengan Terapi Reeducative

Bogordaily.net–  Mahasiswi Institut Ummul Quro Al-Islami (IUQI) Bogor Marlina memaparkan metode terapi agama bagi anak remaja putus sekolah dilakukan dengan cara langsung nasihat, diberikan penjelasan dan keterangan yang rasional tentang kaidah-kaidah yang berhubungan dengan agama Islam, setiap masalah dijelaskan secara analisa yang tepat disertai manfaat dan  hikmanya dalam kehidupan anak masa sekarang dan masa yang akan datang.

Petunjuk dan penjelasan tentang berbagai hal yang baik, bermanfaat serta hal yang buruk, Semua organ tubuh menjadi lesu, tidak berdaya dan akan tanpak seperti orang bodoh. Pada akhirnya cenderung untuk melamun melakukan perbuatan yang tidak baik.

Sebaliknya, orang yang giat bekerja, berjuang dengan ulet untuk mencapai cita-cita yang diingkinkannya, cenderung untuk tidak memunyai waktu merenungi perbuatan-perbuatan yang jahat.

Terapi Reeducative

Tujuan dari reeducative therapy adalah untuk mencapai pengertian tentang konflik-konflik yang letaknya lebih banyak di alam sadar, dengan usaha berencana untuk menyesuaikan diri kembali, memodifikasikan tujuan dan membangkitkan serta mempergunakan potensi kreatif yang ada. Cara-cara psikoterapi reedukatif antara lain ialah sebagai berikut:

– Terapi hubungan antar manusia (relationship therapy)

– Terapi sikap (attitude therapy)

– Terapi wawancara (interview therapy) analisa dan sinthesa yang distributif (terapi psikobiologik Adolf Meyer)

– Konseling terapetik

– Terapi case work

Reconditioning

– Terapi kelompok yang reedukatik

– Terapi somatik 2

Penyembuhan Reedukatif

Tujuan reeducative therapy ialah mengusahakan dengan sengaja adanya pertama Penyesuaian kembali, kedua, perubahan atau modifikasi sasaran atau tujuan (hidup) dan ketiga menghidupkan potensi kreatif. (Marlina, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Institut Ummul Quro Al-Islami (IUQI) Bogor).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here