Friday, 26 April 2024
HomeBeritaManfaat Olahraga Basket Bagi Kesehatan dan Kebugaran tubuh

Manfaat Olahraga Basket Bagi Kesehatan dan Kebugaran tubuh

Bogordaily.net – Bermain olahraga bukan hanya sekadar membawa kesenangan. Ternyata manfaat olahraga juga bagus bagi dan kebugaran tubuh.

Apa saja itu? Untuk mengetahui selengkapnya mengenai apa manfaat bermain olahraga bola , yuk simak artikel berikut ini.

1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Bermain membutuhkan stamina, kecepatan, dan kekuatan. Setiap pemain dituntut untuk bisa bergerak cepat dan lincah. Tak heran jika ketahanan otot akan meningkat saat bermain . Tah hanya itu, stamina dan performa fisik juga bisa mendapatkan manfaat yang sama jika dilakukan dengan rutin.

2. Meningkatkan Tulang

Manfaat bermain bola berikutnya adalah meningkatkan tulang. Ya, penelitian menunjukkan bahwa olahraga tim satu ini memberikan dampak baik bagi kekuatan tulang Anda. Bagaimana tidak, Anda terus berlompat dan berlari sepanjang permainan. Hal ini melatih kekuatan otot hingga membuat tulang menjadi lebih padat.

3. Menurunkan Kadar Stres

Saat melakukan aktifitas fisik, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang menimbulkan perasaan bahagia. Hormon endorfin dapat menciptakan efek relaksasi, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi rasa sakit. Selain itu, endorfin juga dapat menurunkan tingkat depresi dan meningkatkan kinerja seseorang. Jika dilakukan rutin, bermain basket dapat mengatasi gangguan kecemasan dalam hidup.

4. Membantu Turunkan Berat Badan

Olahraga basket melibatkan banyak gerakan cepat dan tajam. Hal itu akan sangat membantu dalam membakar kalori dan membuat tubuh Anda tetap fit. Umumnya, pemain basket berlari 4 sampai 5 mil selama satu jam permainan. Sejumlah riset menunjukkan bahwa sesi intens permainan basket dapat membantu Anda membakar sekitar 650-750 kalori per jam.

5. Meningkatkan Kestabilan Tubuh

Bermain basket menuntut Anda untuk menjaga koordinasi dan kestabilan tubuh di setiap gerakannya. Anda harus menggerakkan tubuh dengan sigap untuk melompat dan mengubah arah tubuh. Tak hanya itu, bermain basket juga mengharuskan Anda untuk menggunakan kemampuan motorik, seperti melempar, membawa, dan mengoper bola. Jika ketrampilan ini terus diasah, kemampuan Anda untuk mengordinasi dan menstabilkan tubuh juga akan semakin baik.

6. Menambah Tinggi Tubuh

Di samping menurunkan berat badan, manfaat bermain bola basket juga dikenal bisa membantu menambah tinggi tubuh. Terlebih lagi, kelincahan gerakan dalam permainan melatih kekuatan otot pada kaki Anda. Hal ini diketahui mampu memicu tulang memanjang dengan cepat, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.(*)

 

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here