Saturday, 27 April 2024
HomeEkonomiMantap, Ada Subsidi BLT Rp600 Ribu Untuk BBM

Mantap, Ada Subsidi BLT Rp600 Ribu Untuk BBM

Bogordaily.net – Pemerintah akan segera membagikan bantuan langsung tunai () kepada masyarakat dalam waktu dekat. Pemberian bantuan langsung tunai atau ini diperuntukan untuk mengantisipasi dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak ().

Besar untuk subsidi adalah Rp 600 ribu untuk setiap keluarga penerima manfaat (KPM).

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan pers hasil rapat Presiden Joko Widodo dengan dirinya, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, dan Menteri Sosial Tri Risma Harini.

”Untuk bantalan sosial pengalihan subsidi , kami telah menganggarkan sebanyak Rp 12,4 triliun,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin , 29 Agustus 2022.

Anggaran sebesar Rp 12,4 triliun itu akan diberikan kepada 20,65 juta kelompok penerima manfaat. Sementara masing-masing KPM akan mendapatkan uang sebesar Rp 600 ribu.

“Penyerahannya akan dilakukan dalam dua gelombang,” lanjut Sri Mulyani.

Selain itu, pemerintah daerah juga diminta mengalokasikan 2 persen dana transfer umum untuk menyubsidi sektor transportasi, baik itu angkutan umum, ojek, hingga nelayan.

”Jadi total bantalan sosial yang tadi ditetapkan oleh Presiden untuk bisa dieksekusi mulai dilakukan pada minggu ini adalah sebesar Rp 24,17 triliun,” kata Sri Mulyani.

Ia berharap, bantuan ini dapat mengurangi kemiskinan, mengurangi beban masyarakat, sekaligus mendukung masyarakat yang menghadapi tekanan akibat kenaikan harga.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here