Thursday, 2 May 2024
HomeNasionalMasuk ICU, Tersangka Korupsi Rp78 Triliun Surya Darmadi Dibantarkan

Masuk ICU, Tersangka Korupsi Rp78 Triliun Surya Darmadi Dibantarkan

Bogordaily.net – Penyidik Kejaksaan Agung (Kejakgung) memutuskan untuk membantarkan status penahanan tersangka dugaan Surya Darmadi.

Tersangka kasus dugaan , Surya Darmadi atas penguasaan lahan sawit seluas 37.095 hektare ini masuk di Rumah Sakit Adhyaksa, Ceger, Jakarta Timur.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Supardi mengatakan, pembantaran dilakukan lantaran bos PT Duta Palma Group itu mengalami sakit jantung dan masih dirawat di Rumah Sakit (RS) Adhyaksa.

“Sampai malam ini, kondisi yang bersangkutan (Surya Darmadi) masih di . Dan terpaksa kita bantarkan,” ujar Supardi dikutip dari Republika, Kamis, 18 Agustus 2022.

Supardi menjelaskan, kondisi Surya Darmadi tersebut akibat penyakit kronis. “Dari tim dokter kejaksaan menyampaikan yang bersangkutan sakit jantung. Jadi terpaksa mulai malam,” terang Supardi.

Supardi menyebutkan, pembantaran Surya Darmadi terhitung mulai malam ini sampai kondisinya kembali pulih dan bisa memberikan keterangan kepada penyidik.

Selama itu, kata Supardi, status penahanannya ditangguhkan, sehingga masa penahanan terhadapnya tidak dihitung.

“Pembantaran mulai hari ini, dibantar itu masa tahanan tidak dihitung, tetapi tetap dalam posisi pengawasan kita, sampai kondisinya sudah bisa balik,” ucap Supardi.

Meskipun , kata Supardi, tim penyidik tetap melakukan pengawasan terhadap Surya Darmadi selama 24 jam.

Kejaksaan juga memastikan Surya hanya bisa berobat di dalam negeri. Artinya, kata dia, dalam masa pembantaran Surya Darmadi harus tetap berada di Indonesia.

“Ya kita minta supaya pengobatannya tetap di sini (Indonesia). Karena ada tim dokter juga dari kejaksaan,” ujar Supardi.

Tersangka Surya Darmadi mendadak dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Adhyaksa, Ceger, Jakarta Timur, Kamis siang. Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Ketut Sumedana mengatakan, tersangka dugaan yang merugikan negara Rp 78 triliun tersebut ditindak ke fasilitas saat sedang dilakukan pemeriksaan di Gedung Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus).

Semula Surya Darmadi menjalani pemeriksaan lanjutan terkait kasusnya. Surya Darmadi dibawa petugas ke ruang pemeriksaan sekitar pukul 10.30 WIB.

Pemeriksaan tersebut, adalah yang kedua dilakukan setelah bos PT Duta Palma Group menyerahkan diri pada Senin, 15 Agustus 2022 kemarin. Dalam pemeriksaan tersebut, Surya Darmadi didampingi tim kuasa hukumnya.

Namun, saat lepas istirahat pemeriksaan sekitar pukul 13.55 WIB, Surya Darmadi tak dapat melanjutkan. “Tersangka SD (Surya Darmadi) diduga mengalami kondisi drop, atau sakit,” kata Ketut.

Tim medis internal sempat melakukan pengecekan kondisi dari Surya Darmadi di ruang pemeriksaan. Akan tetapi dokter menyarankan agar Surya Darmadi dilarikan ke rumah sakit secepatnya.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter menyarankan agar dibawa ke RS Adhyaksa,” ujar Ketut.

Lantaran kondisi tersebut pemeriksaan terhadap Surya Darmadi dihentikan sementara.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here