Friday, 3 May 2024
HomeEkonomiMelongo! Harga Mie Instan Sudah Naik di Thailand, Segini Harganya

Melongo! Harga Mie Instan Sudah Naik di Thailand, Segini Harganya

Bogordaily.net – Departemen Perdagangan, Krung Thep Maha Nakhon bersiap menaikkan harga Thailand. Asal tahu saja, inilah kenaikan harga pertama pada kebutuhan pokok harian itu dalam 14 tahun.

Dikutip dari Channel News Asia, Kamis, 25 Agustus 2022, Thailand belum bangkit kembali setelah dibuka sepenuhnya untuk turis awal tahun ini, dan telah terpukul oleh inflasi tinggi selama 14 tahun terakhir dan dampak dari perang Rusia-Ukraina.

Harga dibatasi oleh Bangkok pada 6 baht (sekitar Rp 2.400) per bungkus, tetapi produsen besar yang cemas mendesak pemerintah untuk menaikkan batas menjadi 8 baht (sekitar Rp 3.300), dengan alasan biaya produksi yang melonjak.

Departemen Perdagangan mengkonfirmasi mereka akan menyetujui kenaikan menjadi 7 baht (sekitar 2.900) per bungkus berukuran biasa, efektif mulai hari ini, Kamis, 25 Agustus 2022.

Berita itu muncul setelah lima produsen utama Thailand – Wai Wai, Mama, Yam Yam, Sue Sat dan Nissin – mengajukan petisi kepada departemen.

“Kami menghadapi kenaikan harga komoditas, harga minyak untuk ekspor,” jelas Veera Naphaprukchart dari Thai Preserved Food, bagian dari merek populer Wai Wai.

Harga tepung terigu sekitar 20 persen hingga 30 persen dan harga minyak sawit dua kali lipat, katanya.

Veera menyalahkan kenaikan biaya pada invasi Rusia ke Ukraina, yang merupakan pemasok utama gandum ke kerajaan sebelum konflik.

Pipat Paniangvait, dari Thai President Food, mengatakan harga mi instan terakhir kali pada 2008.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here