Wednesday, 24 April 2024
HomeTravellingMemicu Adrenalin, Ini 4 Trek Mountain Bike Paling Menantang

Memicu Adrenalin, Ini 4 Trek Mountain Bike Paling Menantang

Bogordaily.net – Trek paling menantang ini bisa jadi pilihan Anda para traveler yang hobi bersepeda.

Sambil sepedahan menyusuri bikin tapi sambil menikmati pemandangan alam yang indah dan menawan.

selain sepeda santai, juga banyak peminatnya karena selain dikenal menantang, juga menyenangkan.

Para penikmat biasanya mengunjungi perbukitan yang penuh dengan rintangan sehingga memacu adrenalin.

Di satu sisi, selain trek yang menantang, banyak tempat di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftar lokasi favorit untuk berolahraga di Indonesia:

1. Wonogondang (Yogyakarta)

Lokasi favorit pertama pecinta di Indonesia adalah Wonogondang, Sleman, DI. Yogyakarta.

Wonogondang terletak di kawasan lereng Gunung Merapi, dan dikenal dengan trek yang unik karena sebagian terbentuk dari proses alami.

Selain menantang dan memiliki pemandangan indah, trek Wonogondang sudah sering digunakan sebagai venue kejuaraan nasional maupun internasional. Salah satunya sebagai tempat kejuaraan ASEAN MTB Cup Seri II 2015.

2. Sidomukti (Semarang)

Lokasi di Indonesia berikutnya yang tidak kalah menantang adalah Sidomukti, Semarang, Jawa Tengah. Meskioun panjang lintasan tidak terlalu panjang, yakni hanya sekitar 1,5 kilometer, tetapi lintasan di sini termasuk trek dengan obstacle yang sangat menantang.

Beberapa trek yang menantang bisa memacu adrenalin di antaranya berupa jembatan, speed jump, rock garden, double jump, dan banyak lagi. Trek Sidomukti ini sudah pernah menjadi venue Kejuaraan Nasional 76 Indonesian Downhill 2016.

3. Cihuni (Tangerang)

Di daerah Banten khususnya Tangerang satu lokasi yang menarik untum dikunjungi, yaitu trek Cihuni. Diketahui, setiap trek bersepeda di lokasi imi memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Contohnya, trek Cihuni Hill Park 1 yang terletak di sebuah bukit di Desa Cijantra atau familier dikenal dengan Gunung Batu. Meski jalurnya tergolong tidak terlalu panjang, namun bersepeda di Cihuni cukup menguras energi, karena treknya berliku dan penuh tanjakan serta turunan bersambung.

Meski demikian, udara sejuk dan pemandangan yang memanjakan mata dapat menyegarkan tubuh sekaligus menghilangkan rasa lelah.

4. Cikole (Bandung)

Lokasi favorit keemoat atau yang terakhir untuk mountain bike di Indonesia adalah Cikole, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Trek Cikole masih sering menjadi incaran para pecinta sepeda gunung karena memiliki jalur yang cukup menantang.

Trek Cikole memiliki dua jalur sepeda favorit. Pertama adalah trek Downhill Mountain (DM) yang dilengkapi berbagai rintangan. Kedua, trek ‘All Mountain' (AM) yang didominasi tanah dan bebatuan kecil sepanjang 16,5 kilometer.

Trek cikole membentang di sekitar Gunung Tangkuban Perahu dan melewati area hutan pinus Cikole. Trek mountain bike di Cikole sudah pernah digunakan pada ajang PON 2015 dan menjadi trek Teras CAF 1st Series 2021 pada tanggal 2-3 Oktober tahun lalu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here