Thursday, 25 April 2024
HomeTravellingMendaki Gunung Rinjani Sambil Berburu Momen HUT RI

Mendaki Gunung Rinjani Sambil Berburu Momen HUT RI

Bogordaily.net – Mendakki Sambil Berburu Momen HUT RI pasti seru. Kondisi itu yang kini terjadi di gunung itu.

Pemesanan tiket pun membludak, diduga karena adanya normalisasi kuota pendakian dari 75 persen menjadi 100 persen dan lama pendakian menjadi 4 hari dan 3 malam.

Selain itu banyak pendaki yang hendak Agustusan di puncak gunung saat momen perayaan HUT RI pada 17 Agustus 2022.

Pengendali Ekosistem Hutan Balai Taman Nasional (BTNGR), Budi Soesmardi, mengatakan bahwa saat ini sedang terjadi lonjakan pemesanan tiket pendakian pada hari-hari menjelang 17 Agustus 2022.

Kendati demikian ia tak bisa memastikan jumlah angkanya.

“Yang sekarang mulai banyak dipesan itu mulai tanggal 14, 15 dan 16 Agustus, supaya mereka bisa merayakan 17 Agustus di atas. Tapi untuk (kuota) penuh sih belum, hanya saja lompatannya signifikan,” ungkap Budi seperti dikutip dari suara.com.

Ia juga meyakini bahwa pemesanan tiket pendakian pada beberapa hari menjelang hari kemerdekaan tahun ini bisa penuh seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya.

Pintu pendakian Sembalun, Torean, dan Senaru masih menjadi favorit para pendaki untuk merayakan Agustusan. Sedangkan pintu Pendakian dari Tete Batu, Timbanuh, dan Aik Berik agak kurang peminat.

Sedangkan pada hari-hari biasa seperti saat ini, jumlah pendakian Rinjani relatif sepi, walaupun sudah mengalami normalisasi. Dari 700 kuota pendakian per hari yang tersedia dari semua pintu pendakian, hanya 130 tiket yang terpesan.

Ditegaskan Budi, kuota pendakian saat ini bergantung kepada jumlah kasus Covid-19 yang terjadi di daerah. Artinya, sewaktu-waktu bisa terjadi perubahaan.***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here