Tuesday, 16 April 2024
HomeKulinerMengapa Sebelum Dimakan Buah Nanas Direndam dengan Air Garam? Ini Alasannya

Mengapa Sebelum Dimakan Buah Nanas Direndam dengan Air Garam? Ini Alasannya

Bogordaily.net merupakan salah satu buah yang punya rasa manis, asam dan segar. Tapi tahukah Anda bahwa sebelum dimakan, direndam dalam air garam. Tahukah Anda apa alasannya?

Ketika tengah mengonsumsi buah , kerap kali kita merasa kesemutan dan pada lidah. Kesemutan dan ini terjadi bukan karena punya cita rasa manis & asam yang ekstrim, melainkan karena adanya kandungan bromelain.

Bromelain merupakan adalah sebuah enzim yang hanya ditemukan di dalam buah .

Melansir dari The Plant Aide, Bromelain sendiri dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada bagian mulut sehingga dapat menyebabkan rangsangan pada selaput lendir, kesemutan lidah, hingga pusing kepala dan muntah-muntah.

“Bromelain dapat memecah protein sehingga menyebabkan sensasi yang tidak menyenangkan (kesemutan lidah) pada beberapa orang,” kata Michael Tunik, seorang asisten professor klinis seni kuliner dan ilmu makanan dari Drexel University di Philadelphia yang dilansir MomsMoney dari Eating Well.

Sayangnya, banyak orang yang tak menyadari bahwa sensasi kesemutan akibat mengonsumsi buah adalah sebuah hal yang tak normal.

Enzim bromelain itu sendiri membuat jus jadi bahan yang bagus sebagai bahan perendam yang membantu melunakkan daging karena kandungannya yang dapat memecah gelatin.

direndam air garam

Ada sebuah solusi mencegah sensasi kesemutan lidah akibat makan buah nanas. Tak lain dan tak bukan dengan merendamnya pada air garam.

Melansir dari Eating Well, garam memicu enzim bromelain bekerja, sehingga ketika Anda akan memakannya, enzim tersebut telah berhasil dinon-aktifkan.

Cara yang mudah untuk dapat menon-aktifkan bromelain pada buah nanas adalah dengan merendamnya selama 15 menit dalam air garam.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here