Friday, 26 April 2024
HomeKota BogorMengulik Sejarah Tugu Kujang yang Jadi Ikon Kota Bogor

Mengulik Sejarah Tugu Kujang yang Jadi Ikon Kota Bogor

Bogordaily.net – Setiap Daerah ataupun Kota di Indonesia tentunya pasti memiliki lambang atau ikon kota sendiri. Seperti yang merupakan sebuah lambang atau ikon dari Kota Bogor

Lambang tersebut biasanya berada di tengah kota dan menjadi tanda kejayaan dan mencirikan sebuah kota beserta di masa lalu.

ini menjadi ciri khas kota Bogor dengan dibumbui Motto “Dinu Kiwari Ngancik Nu Bihari Seuja Ayeuna Sampeureun Juga”. Motto yang tertulis pada tugu bagian bawah ini memiliki arti, yaitu “Apa Yang Dilakukan Hari Ini Dan Esok Harus Lebih Baik Dari Hari-hari Sebelumnya.

Motto tersebut berasal dari prasasti Lingga serta Batutulis pada Kerajaan Pajajaran yang dahulu dipimpin oleh Sri Baduga Maharaja Ratu Adil.

Lokasi berdirinya tugu yang sangat mewah ini berada di pusat Kota Bogor dan mempunyai ukuran yang tinggi yaitu mencapai 25 meter serta terletak di sebuah lahan dengan luas mencapai 26 x 23 meter.

Dengan berbalut ornamen kujang yang berdiri di atas puncak, tugu ini mempunyai berat yang mencapai 800 kg dengan tinggi sekitar 7 meter.

Ornamen kujang tersebut terbuat dari bahan stainless steel yang dilapisi dengan perunggu serta kuningan. Menurut perkiraan, pembangunan ini menghabiskan dana yang mencapai Rp80 juta dan menghadap ke arah Istana Kepresidenan Bogor.

Nama kujang ini berasal sari nama sebuah senjata pusaka tradisional dari etnis Sunda yang konon memiliki keistimewaan tersedniri dan juga memiliki kekuatan gaib.

Sejak zaman Kerajaan Pajajaran yaitu sekitar abad ke 14, pusaka kujang ini sudah dikenal oleh masyarakat Sunda yang memiliki fungsi sebagai peralatan pertanian.

Sehingga pusaka ini tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Sunda tersebut terutama pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Masyarakat luas khususnya daerah Jawa Barat lebih mengenal dengan nama Pusaka Prabu Siliwangi.

Namun saat adanya para penjajah asing, senjata ini digunakan untuk melawan dna mengusir para penjajah tersebut. Pada masa itu, rakyat Indonesia terutama suku Sunda belum memiliki persenjataan yang cukup lengkap dan modern sehingga terpaksa mereka menggunakan senjata seadanya untuk melawan para penjajah tersebut.

Namun demikian, hal ini ternyata terbukti bahwa para pejuang tersebut mampu melawan para penjajah dan mengambil kembali kekuasaan wilayah mereka walau meski hanya menggunakan senjata sederhana ini. Karena hal inilah senjata Kujang ini dijadikan sebagai simbol pusaka.

Konon sampai saat ini pun alat Kujang ini masih dapat ditemui dan digunakan sebagai alat pertanian oleh masyarakat Baduy, Banten dan Pancer Pengawinan di Sukabumi, Jawa Barat. Tertera dalam pernyataan naskah kuno Sanghyang Siksa Ng Karesian (1518 masehi) ataupun tradisi lisan yang telah banyak berkembang dibeberapa daerah.

Memasuki abad ke-9 dan ke-12, munculah wujud baru kujang yang telah memiliki keiistimewaan dengan karakternya sendiri. Adanya perkembangan teknologi, budaya, sosial serta ekonomi pada masyarakat Sunda membuat kujan ini mengalami pergeseran bentuk, fungsi serta makan.

Alat kujang ini juga mulai berubah menjadi senjata yang memiliki nilai simbolik dan sakral. Pusaka tradisional ini cukup berati bagi masyarakat setempat Jawa Barat dan khususnya daerah Bogor.

Untuk menghormati tersebut maka dibangunlah ikon Kota Bogor yang kokoh ini dan hingga kini tugu ini dikenal sebagai lambang dari kota Bogor. dibangun pada tanggal 4 Mei 1982 dan dalam masa pemerintahan walikota Achmad Sobana.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here