Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorMenjunjung Nilai Spiritual di Seren Taun Kasepuhan Malasari

Menjunjung Nilai Spiritual di Seren Taun Kasepuhan Malasari

Bogordaily.net–  Upacara Adat merupakan bentuk dari Perayaan Tahun Baru Islam pada tanggal 1 Muharam tahun Hijriah. Upacara adat tersebut dapat diartikan sebagai penyerahan hasil panen yang baru dilewati serta memohon berkah dan perlindungan kepada Allah pada musim berikutnya.

Masyarakat adat Desa , Kecamatan Nanggung, tahun ini mengusung tema , “ngahiji ngajadi hiji”. Prosesi helaran yang digelar sejak tanggal 4-6 Agustus 2022 berlangsung khidmat penuh nilai-nilai spiritual.

Menurut Kasepuhan , Abah Udin Saepudin mengungkapkan, helaran ini intinya sebagai ajang silaturahmi mendekatkan antar keluarga dan persaudaraan, termasuk  mensyukuri hasil pertanian.

“Ka cai jadi saleuwi, ka darat jadi salebak, yang nantinya dapat saling memberi, saling mengasihi, dan saling menyayangi, silih asah, silih asih, silih asuh itu yang jadi faktor utamanya, Insyaa Allah jika sudah saudara-saudara bersatu, seikatan, setujuan, yakin negara pasti aman sejahtera, aman sentosa, itulah faktor utamanya,” ujarnya.

Selain itu Salah satu tokoh masyarakat atau tokoh adat Desa , Sukendar menyampaikan, helaran Seren Taun kasepuhan tahun ini juga digelar Rembug Petani yang dilanjutkan dengan pemberian bibit. Bahkan, masyarakat adat di juga telah berhasil menjaga ketahanan pangan dengan memanfaatkan kekayaan alam secara bijak dan kearifan lokal yang dimiliki.

“Rembug petani ini memang baru beberapa tahun kita lakukan karena Seren Taun juga erat kaitannya mengelola pertanian, masyarakat adat kasepuhan ini kan mayoritas memang petani,” jelasnya.

Sementara, lanjut Sukendar, tidak terlepas dari adanya kendala, yang paling signifikan di kita ini kalau bicara mengenai isu pertanian, berkaitan dengan masalah hama terutama hama babi, kera, termasuk juga burung.

“Jadi kita akan coba bedah, kita juga akan coba padukan dengan program pemerintah nanti kita akan minta pendapat, bagaimana isu yang berkembang berkaitan dengan masalah pertanian ini sesuai dengan harapan,” pungkasnya.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here