Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaHasil Penelitian, Keranjingan Minum Teh Herbal Picu Risiko Kanker Kerongkongan

Hasil Penelitian, Keranjingan Minum Teh Herbal Picu Risiko Kanker Kerongkongan

Bogordaily.net – Ada satu pemicu kanker yang mungkin belum diketahui banyak orang. Yakni, terlampau keranjingan minum .

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum yerba mate dalam jumlah besar dalam waktu lama mungkin berisiko lebih tinggi terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker mulut, tenggorokan, dan paru-paru.

Menurut badan , minum yerba mate yang sangat panas berkaitan dengan risiko kanker yang lebih tinggi daripada minum yerba mate pada suhu yang lebih dingin.

Sebuah ulasan yang diterbitkan di BMJ mengutip penelitian yang menemukan bahwa minum ini dalam kondisi panas berkaitan dengan peningkatan risiko kanker kerongkongan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Association for Cancer Research, didasarkan pada dua studi kasus: studi Uruguay 1988 hingga 2005 dan studi multinasional 1986 hingga 1992 di Argentina, Brasil, Paraguay, dan Uruguay, termasuk 1.400 kasus dan 3.229 kontrol.

Para peneliti menemukan intensitas minum yerba mate tidak mempengaruhi risiko kanker. Namun, minum yerba mate dalam suhu yang lebih tinggi memang memicu kanker tersebut.

“Temuan ini meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai konsekuensi minum yerba mate dalam suhu yang sangat panas,” kata para peneliti dikutip dari Express.

Menurut Mayo Clinic, yerba mate bisa memicu kanker karena mengandung hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH), yang diketahui menyebabkan kanker.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here