Wednesday, 29 May 2024
HomeKulinerMurah-Meriah, Ini 7 Jenis Makanan Tradisional Dari Singkong

Murah-Meriah, Ini 7 Jenis Makanan Tradisional Dari Singkong

Bogordaily.net merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Untuk itu, beberapa jenis makanan tradisional dari pun masih banyak dijumpai.

Biasanya diolah menjadi berbagai hidangan. Makanan satu ini bisa dinikmati dari berbagai kalangan, karena harganya yang terjangkau.

Buat kamu yang suka makan dan bingung mau mengolahnya seperti apa, berikut ini ada beberapa makanan tradisional dari yang mungkin bisa mengingatkan kamu pada masa kecil.

1. Getuk

Getuk cukup mudah ditemukan di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Ada beberapa jenis getuk yang populer yaitu getuk lindri, getuk goreng, serta getuk trio.

Walau jenisnya macam-macam tapi jajanan ini menggunakan bahan dasar yang sama yaitu singkong atau ketela.

Dalam pengolahannya singkong tersebut dikupas, dicuci, lalu dikukus. Kemudian, singkong tersebut ditumbuk atau digiling supaya menghasilkan getuk yang lembut.

2. Gatot

Gatot adalah jajanan tradisional yang populer di Yogyakarta. Jajanan ini terbuat dari gaplek atau singkong kering yang digunakan untuk membuat .

Untuk membuatnya, gaplek direndam dulu dalam air lalu diiris tipis dan dikukus. Penyajiannya bisa diberi parutan kelapa yang telah dicampur dengan gula.

3. Combro

Combro adalah singkatan dari ‘oncom dijero' atau oncom di dalamnya. Camilan ini terbuat dari adonan singkong parut yang diisi dengan tumisan oncom pedas.

Cara membuat combro cukup sederhana. Namun kamu perlu menyiapkan cukup banyak bahan terutama untuk isiannya.

Untuk membuatnya, cukup parut singkong lalu bumbui dengan garam dan kelapa parut, aduk rata. Kemudian, ambil adonan lalu isi dengan tumis oncom dan goreng.

4. Misro

Misro dan combro sama-sama terbuat dari parutan kelapa tapi isiannya berbeda. Misro berisi gula merah sisir sehingga rasanya manis.

Jika dibandingkan dengan combro bahan misro lebih simpel, hanya parutan singkong dan gula meja. Namun keduanya sama-sama digoreng.

5. Lemet

Lemet adalah jajanan berbahan singkong yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Jajan ini biasa dijual di tenongan atau penjual kudapan pada pagi hari.

Dalam pembuatannya adonan lemet diberi kelapa parut dan sedikit gula merah sisir untuk menambah cita rasanya.

6.

merupakan salah satu pengganti nasi yang populer. Bahan pangan ini bisa diolah menjadi camilan manis yang legit.

Pembuatan asli biasanya menggunakan gaplek yang digiling menjadi tepung. Namun kini kamu dapat membuatnya memakai kering kemudian dikukus dan diberi gula merah atau perasa lainnya.

7. Ongol-ongol singkong

Ongol-ongol umumnya terbuat dari tepung sagu. Walau begitu kamu bisa membuatnya memakai singkong.

Cara membuat ongol-ongol singkong ini mudah saja. Namun sebelum dicampur dengan bahan lain, singkong parut baiknya diperas dulu airnya agar lebih kenyal.(*)

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here