Friday, 19 April 2024
HomeKulinerNikmatnya Sambal Ganja, Makin Dicocol Makin Nagih

Nikmatnya Sambal Ganja, Makin Dicocol Makin Nagih

Bogordaily.net Ganja khas Aceh ini nikmatnya bikin lidah bergoyang. Ada istilah makin dicocol makin Nagih.

Aceh merupakan salah satu daerah yang kaya dengan . Makanan khasnya pun sudah ada diberbagai daerah.

Salah satunya Mi Aceh yang sudah sangat populer di Indonesia. Sementara deret lauk pauk lainnya belum banyak dijajakan padahal kenikmatan rempah dari sajian asal Aceh begitu khas dan menggoda. Hal ini yang ingin ditonjolkan di Kanabu yang berlokasi di Jl Bendungan Hilir No 44A, Jakarta.

“Bagi orang Aceh, menemukan menu khas Aceh ini masih jarang. Kita buka Kanabu untuk memenuhi kerinduan dan mengenalkan masakan Aceh ke seluruh masyarakat,” tutur Store Manager Kanabu, Teuku Fitriansyah, seperti dikutip dari vivanews.

Menurut Teuku, ada berbagai menu khas Aceh yang wajib dicoba di Kanabu untuk menemukan kenikmatan yang bikin lidah bergoyang. Dua menu andalan Kanabu yakni Kari Kambing dan Ayam Tangkap. Berbeda dengan Kari Kambing pada umumnya, sajian asal Aceh ini diolah dengan sayur nangka dan santan yang kental. Selain itu, deret rempah khas Aceh pun dikombinasikan untuk memberikan cita rasa yang tak biasa serta gurih yang begitu nikmat.

Orang Aceh sering menyebutnya kuah Beulangong. Daging kambing yang dimasak menggunakan 20an jenis rempah sehingga menghasilkan citarasa yang gurih dan nikmat. Untuk ayam tangkap pun berbeda digoreng dengan daun kari, daun pandan dan rempah-rempah sehingga menghasilkan tekstur ayam yang wangi dan juicy.

“Rempah asli Aceh. 20-30an rempah di kari kambing. Daun kari atau dalam bahasa Aceh, daun temuruy dalam ayam tangkap. Itu sudah sering banyak dijumpai di Aceh. Masakan Aceh kaya rempah karena dari sejarahnya di Aceh banyak rempah seperti negara India,” tuturnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here