Saturday, 27 April 2024
HomePolitikPartai Demokrat Mulai Fokus Bangun Koalisi Pada Desember Mendatang

Partai Demokrat Mulai Fokus Bangun Koalisi Pada Desember Mendatang

Bogordaily.net Demokrat fokus membangun koalisi setelah pengumuman penetapan peserta Pemilu 2024, Desember mendatang. Hal itu dikarenakan Demokrat kini masih fokus pada tahapan verifikasi administrasi sebagai calon peserta Pemilu.

Anggota Majelis Tinggi Demokrat, Syarief Hasan menyebut ihwal kerja sama politik untuk kontestasi akan mengerucut pada Desember tahun ini.

“Komunikasi kita tetap, kenapa? Karena kita masih fokus pada verifikasi. Setelah Desember ditetapkan, baru kita, mudah-mudahan kita mulai mengerucut,” ujar Syarief Hasan di kutip dari Republika, Senin, 15 Agustus 2022.

Namun, ia belum memastikan jadwal pengumuman koalisi Demokrat. Syarief hanya mengatakan, intensitas komunikasi dengan politik lain akan semakin tinggi usai berlambang bintang Mercy ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024.

“Pokoknya kita komunikasi kepada semuanya, memang yang beredar itu oleh wartawan itu Nasdem dengan PKS, tetapi komunikasi intens,” ujar Syarief.

Syarief melanjutkan, Demokrat juga tidak menutup kemungkinan komunikasi dengan koalisi Gerindra dan Kebangkitan Bangsa (PKB).

Terkait calon presiden (capres) yang akan diusung, ia mengatakan bahwa hal tersebut haruslah diputuskan dengan politik koalisi. Ia juga tak menjawab tegas, apakah Demokrat tetap bersikukuh mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Namun, dia tidak ingin memastikan apakah komunikasi itu akan berbuah merapatnya Demokrat ke koalisi tersebut.

“Kita lihat nanti, banyak faktor yang dipertimbangkan. Pertama menyangkut elektabilitas , kita kan sekarang kan tiga besar ya,” ujar Syarief.

“Kedua, elektabilitas Mas AHY juga harus kita dorong agar semakin bagus. Kemudian kesepakatan diantara koalisi nanti, tentu saja kita berkoalisi dengan A misalnya, ya nanti kita duduk bareng-bareng, siapa sebagai nomor satu, siapa nomor dua,” sambung Wakil Ketua MPR itu.(*)

 

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here