Paru-Paru Bisa Dibersihkan dengan 8 Cara Alami Ini

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022 Terkini! Ini Ramalan Kota Bogor Hari Ini, Rabu 28 September 2022 Masih Sama, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Selasa, 27 September 2022 Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM di Kota Bogor, Selasa 27 September 2022

Kesehatan · 4 Agu 2022 06:02 WIB

Paru-Paru Bisa Dibersihkan dengan 8 Cara Alami Ini


 Ilustrasi paru-paru. (Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net)
Perbesar

Ilustrasi paru-paru. (Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net  Ada banyak penyebab paru-paru kotor dan tidak sehat, di antaranya asap rokok, debu, zat beracun, dan virus maupun bakteri. Partikel-partikel tersebut bisa masuk ke paru-paru saat Anda menghirup udara yang terkontaminasi. Paru-paru merupakan organ yang bisa menyembuhkan dan membersihkan dirinya sendiri dari partikel kotoran. Namun, jika paparan partikel terlalu banyak atau sering, hal ini bisa saja mengganggu fungsinya. Paru-paru dapat dibersihkan dengan beragam cara sehingga terhindar dari penyakit pernapasan. Dikutip Aladokter.com berikut cara membersihkan paru-paru secara alami dan mudah:

Berhenti merokok

Merokok dalam jangka panjang bisa menyebabkan peradangan dan kerusakan sel di paru-paru yang dapat memicu penyakit, seperti PPOK dan bahkan kanker paru. Sebuah studi mengungkapkan semakin cepat seseorang berhenti merokok, peluang paru-paru untuk sembuh semakin besar dan risiko mengalami kerusakan paru-paru permanen akan lebih rendah.

Hindari asap rokok

Meski tidak merokok, sering menghirup atau terpapar asap rokok juga bisa membuat paru-paru menjadi kotor. Sebab asap rokok yang keluar dari mulut dan rokok yang dibakar mengandung ratusan racun yang berbahaya jika terhirup. Sebisa mungkin hindari sering berada di dekat orang yang sedang merokok.

Konsumsi makanan kaya antioksidan

Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti buah dan sayuran bisa menjadi cara alami membersihkan paru-paru. Hal ini karena antioksidan memiliki efek antiradang yang dapat melindungi dan menurunkan risiko kerusakan pada organ tubuh, termasuk paru-paru.

Hindari paparan polusi

Sering terpapar polusi bisa membuat paru-paru menjadi kotor dan rusak. Oleh karena itu, bila sedang beraktivitas di luar ruangan dengan kualitas udara yang buruk, sebaiknya gunakan masker untuk melindungi paru-paru.

Olahraga rutin

Sering berolahraga dapat menjaga kesehatan, fungsi, dan kapasitas paru-paru. Beberapa jenis olahraga yang baik untuk paru-paru adalah jalan kaki, lari, bersepeda, dan berenang. Jika memungkinkan, hindari olahraga di luar ruangan ketika kondisi udara sedang kotor.

Terapi uap

Anda juga dapat melakukan terapi uap untuk membersihkan lendir di paru-paru maupun saluran pernapasan. Caranya, rebus air hangat menggunakan panci, lalu hirup uapnya. Anda juga bisa melakukan terapi uap dengan mandi menggunakan air hangat.

Gunakan alat pembersih udara

Penggunaan alat pembersih udara di rumah dapat membersihkan dan meningkatkan kualitas udara dalam ruangan menjadi lebih baik. Udara yang terhirup dan masuk ke paru-paru pun akan lebih bersih karena partikel kotoran yang ada telah disaring oleh alat tersebut.

Mencegah penyebaran infeksi

Pencegahan infeksi juga termasuk salah satu cara membersihkan paru-paru. Agar paru-paru terlindungi dan tidak mudah terserang infeksi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan di antaranya mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga kebersihan gigi dan mulut, melakukan vaksinasi flu, pneumonia, dan Covid-19.***

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Murah Meriah! Kenalin Nih Batu Tawas Penghilang Bau Ketiak

28 September 2022 - 19:24 WIB

batu tawas bau ketiak

Nih Kata Pakar soal Kecanduan Seks, Kamu Termasuk?

28 September 2022 - 18:45 WIB

Dear Mahasiswa, Waspada 4 Gangguan Mental yang Rentan Dialami di Semester Akhir

28 September 2022 - 18:37 WIB

Selain Medis, Ini 7 Pilihan Obat Flu Alami

28 September 2022 - 18:16 WIB

Perhatikan Yuk, Ini Waktu Ideal untuk Berhubungan Seks

27 September 2022 - 20:48 WIB

Waktu ideal berhubungan seks

Hempaskan Lemak Perut, Coba 5 Minuman Ini di Pagi Hari

27 September 2022 - 17:28 WIB

Trending di Kesehatan