Paspor Baru Tanpa Kolom Tanda Tangan, Jerman Tolak WNI

Menu

Mode Gelap
Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022 Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022

Internasional · 13 Agu 2022 19:09 WIB

Paspor Baru Tanpa Kolom Tanda Tangan, Jerman Tolak WNI


 Ilustrasi Jerman. (REUTERS/AXEL SCHMIDT/CNN Indonesia/Bogordaily.net)
Perbesar

Ilustrasi Jerman. (REUTERS/AXEL SCHMIDT/CNN Indonesia/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Paspor baru Indonesia tanpa kolom tanda tangan di halaman belakang ditolak Jerman. Dengan demikian warga negara Indonesia (WNI) tak bisa masuk ke salah satu negara di Eropa itu.

“Paspor Indonesia tanpa kolom tanda tangan tidak dapat diproses. Perihal ini sedang diperiksa dengan kerjasama antara instansi pemerintah Jerman dan Indonesia yang berwenang,” demikian pernyataan Kedutaan Besar Jerman di Jakarta dalam situs resmi dilansir CNN Indonesia, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Paspor tanda tangan juga tak bisa digunakan untuk permohonan visa Schengen atau nasional.

“Permohonan Anda tak bisa diterima. Kami sarankan kepada Anda untuk memeriksa kembali dengan instansi pemerintah Indonesia,” jelas Kedubes Jerman.

Mereka juga menjelaskan tambahan tanda tangan di kolom “Endorsements” tak bisa diakui sebagai pengganti kolom tanda tangan di paspor Indonesia. Sehingga, paspor tak bisa diproses.

Selain itu, bagi WNI yang mempunyai paspor tanpa kolom tanda tangan dan sudah memperoleh visa Kedubes Jerman menyarankan agar WNI membatalkan kunjungan ke negara itu.

“Kemungkinan besar Anda akan ditolak memasuki wilayah Jerman di perbatasan,” lanjut Kedubes Jerman.

Sementara itu menanggapi penolakan paspor RI dari Jerman, Kepala Bagian Humas Kementerian Hukum dan HAM Indonesia, Tubagus Erif Faturahman, mengatakan Ditjen Imigrasi akan mengeluarkan edaran untuk paspor baru.

“Nanti Dirjen Imigrasi mau bikin surat pemberitahuan ke Kanim [Kantor Imigrasi] yang isinya ada semacam kolom deklarasi di paspor itu yang memungkinkan ada penandatangan di paspor,” kata Tubagus.

Ia tak mengetahui alasan Jerman mengeluarkan peraturan demikian. Menurutnya, Jerman juga tak memberikan penjelasan apapun soal penolakan paspor baru itu.

Humas Ditjen Imigrasi, Achmad Nur Saleh, menyebut pihaknya tengah berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri RI dan Kedutaan Besar Jerman guna membahas masalah tersebut. Ia juga meminta maaf usai ramai pembicaraan penolakan paspor oleh Jerman.

“Ditjen Imigrasi menyampaikan permohonan maaf atas permasalahan ini yang berdampak secara langsung kepada masyarakat yang sedang mengajukan visa Jerman atau visanya sudah terbit, tapi tidak bisa berangkat ke Jerman,” katanya dalam pernyataan resmi.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Arab Saudi akan Ciptakan Kota ‘Surga Alkohol’, Ini Lokasinya

29 September 2022 - 20:59 WIB

arab saudi surga alkohol

Serem, AS Legalkan Jenazah Manusia Jadi Pupuk Kompos

29 September 2022 - 17:01 WIB

jenazah manusia pupuk

Langgar UU Rahasia Negara, Suu Kyi Divonis 3 Tahun Penjara

29 September 2022 - 16:31 WIB

Demo Bela Mahsa Amini Meluas, Taliban Lepas Tembakan

29 September 2022 - 16:03 WIB

Dahsyatnya Badai Ian Hantam Florida, Jutaan Rumah Kehilangan Aliran Listrik

29 September 2022 - 15:36 WIB

Badai ian Florida

Tinggalkan China, Apple Kini Memproduksi iPhone 14 di India

29 September 2022 - 13:19 WIB

iPhone 14 di India
Trending di Internasional