Thursday, 25 April 2024
HomePolitikPDIP Buka Peluang Gabung Koalisi, PKB: Lapor Cak Imin dan Prabowo

PDIP Buka Peluang Gabung Koalisi, PKB: Lapor Cak Imin dan Prabowo

Bogordaily.net–  Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyebut partainya berpeluang besar untuk berkoalisi dengan partai-partai pengusung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, PDIP tidak hanya menjajaki -PKB, PPP atau pun Golkar, tetapi dengan seluruh parpol pengusung Jokowi. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid pun merespons sinyal PDIP yang membuka peluang bergabung dengan koalisi partai pengusung atau pendukung Presiden Jokowi pada Pilpres 2019 lalu.

Jazilul mengatakan koalisi PKB dan memang melakukan kominukasi terus dengan PDIP. Namun apakah nantinya akan berujung terhadap bergabungnya PDIP, Jazilul mengaku belum tahu.

Menurut dia, keputusan penambahan partai di koalisi PKB dan tergantung kepada kedua ketua umum, yakni Muhaimin Iskandar dan Subianto sebagaimana kesepakatan dalam piagam koalisi.

“Karena di poin nomor empat, mestinya lapor Pak Muhaimin, lapor Pak . Beres sudah,” kata Jazilul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, sebagaimana dilansir Suara.com, Kamis, 18 Agustus 2022.

Jazilul menjelaskan, baik PKB dan sudah memberikan mandat kepada masing-masing ketua umum apakah koalisi mereka perlu penambahan partai atau tidak.

“Jadi partai yang mau berkoalisi atau calon ya ke kedua nama itu, ke Pak dan Gus Muhaimin,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, bahwa partainya berpeluang besar untuk berkoalisi dengan partai-partai pengusung Presiden Jokowi. Menurutnya, PDIP tidak hanya menjajaki -PKB, PPP atau pun Golkar, tapi seluruh parpol pengusung Jokowi.

“Ttidak hanya dengan -PKB, PPP, kemudian dengan Golkar. Pendeknya dengan seluruh parpol yang mengusung Pak Jokowi,” kata Hasto kepada wartawan Kamis 18 Agustus 2022.

Menurut Hasto, para ketua umum parpol pengusung Jokowi kerap kali melakukan pertemuan-pertemuan. Dari pertemuan tersebut tak jarang juga justru bisa berujung kesepakatan berkoalisi.

“Kami sering berdialog bahwa setiap partai ada yang saat ini memulai kerja sama seperti adanya KIB seperti adanya dan PKB itu merupakan bagian strategi setiap partai,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, PDIP punya strategi sendiri dalam koalisi atau pun soal pencapresan. Prioritas PDIP kekinian juga fokus dulu untuk turun ke bawah atau menemui rakyat.

“PDIP punya strategi tersendiri tapi pada akhirnya seluruh kerja sama itu akan bermuara pada siapa yang menjadi calon presiden dan calon wakil presiden,” katanya.

“Sementara bagi kami presiden dan wakil presiden yang memikih rakyat. Sehingga turun ke rakyat itu yang menjadi skala prioritas dan yang nantinya akan bermuara pada kerja sama itu. PDIP akan ikut menentukan ke arah bandul mana kerja sama itu dikerucutkan,” jelasnya.***

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here