Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaPembukaan Piala dunia Qatar 2022 Dimajukan Lebih Awal

Pembukaan Piala dunia Qatar 2022 Dimajukan Lebih Awal

Bogordaily.net – Pembukaan Piala Dunia 2022 akan dimulai sehari lebih awal dari rencana. Artinya momen itu akan digelar pada 20 2022 dari yang sebelumnya direncanakan pada 21 2022.

Namun diketahui tanggal laga final tidak dirubah yakni akan tetap berlangsung pada 18 Desember 2022. Rencana perubahan jadwal itu dikabarkan agar tuan rumah, Qatar, mendapat jatah giliran main pertama.

Pembukaan , sebelumnya dijadwalkan mulai pada 21 , dimana Qatar vs Ekuador akan jadi laga pembuka. Kini, pertandingan itu dimajukan menjadi 20 .

Adapun pertandingan Qatar vs Ekuador yang jatuh pada tanggal yang sama rencananya bakal digeser pada 20 .

Meski demikian, hal itu masih akan dibahas lebih lanjut oleh pihak FIFA. Presiden Gianni Infantino akan kembali mendiskusikan dengan para pemimpin konfederasi nantinya.

“Keputusan masih perlu dibicarakan oleh Dewan FIFA bersama Presiden FIFA Gianni Infantino dan pemimpin setiap konfederasi (UEFA, CONMEBOL, CONCACAF, CAF, AFC, dan OFC),” bunyi laporan BBC, Kamis, 11 Agustus 2022.

Pertandingan itu akan membuat Piala Dunia tetap mempertahankan tradisi tuan rumah memainkan pertandingan pembuka.

Senegal dan Belanda telah dijadwalkan memainkan pertandingan pertama pada 21 , disusul Inggris melawan Iran dan kemudian pertandingan resmi perdana, debut Piala Dunia Qatar.

Salah satu sumber Piala Dunia mengatakan, ada diskusi dan kesepakatan antara kedua tim masing-masing dan ada permintaan dari Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL).

”Kami ingin mengikuti tradisi bahwa juara bertahan atau negara tuan rumah terlibat dalam pertandingan pembuka,” kata sumber anonim, dikutip dari CGTN, Kamis, 11 Agustus 2022.

Pertandingan pembuka dijadwalkan akan diadakan di stadion Al Bayt berkapasitas 60 ribu, salah satu dari tujuh tempat baru yang dibangun khusus untuk Piala Dunia, sejak Qatar ditunjuk sebagai tuan rumah pada 2010.

Fase Grup akan dimainkan 21 hingga 2 Desember. Fase gugur akan dimulai dengan babak 16 besar dari 3 hingga 6 Desember.

Sementara perempatfinal dimainkan pada 9 dan 10 Desember, dengan semifinal pada 13 dan 14 Desember. Play-off untuk tempat ketiga akan berlangsung 17 Desember, sehari sebelum final pada 18 Desember.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here