Wednesday, 24 April 2024
HomeTravellingPemerintah Bangun Sarana Wisata Skala Internasional di Labuan Bajo

Pemerintah Bangun Sarana Wisata Skala Internasional di Labuan Bajo

Bogordaily.net – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo untuk mengubah wajah menjadi destinasi sarana wisata berskala internasional yang lebih aman, nyaman dan berkualitas.

Hal ini bisa dilakukan dengan membangun berbagai infrastruktur di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) , Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ().

Dukungan infrastruktur melalui pembangunan sarana hunian pariwisata (Sarhunta) bisa menjadi alternatif bagi para yang berkunjung di .

Pada tahun 2020, telah diselesaikan peningkatan kualitas rumah swadaya untuk usaha pondok wisata (homestay) di kawasan Pantai Marina, sebanyak 38 unit.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, renovasi rumah warga untuk hunian pariwisata dilakukan dengan pola pemberdayaan, sehingga masyarakat setempat bukan hanya jadi penonton, tetapi juga mendapat manfaat ekonomi dari sektor pariwisata.

“Tolong dirawat, dijaga dan dikelola dengan baik. Saya pesan ditata lingkungannya dan dijaga kebersihannya,” kata Menteri Basuki dikutip dari laman PUPR, dikutip dari PMJ.

Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya meninjau infrastruktur di mengatakan, pembangunan rumah wisata tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas rumah warga sekitar kawasan pariwisata menjadi layak huni .

Lanjutnya, sekaligus dapat dimanfaatkan untuk usaha pondok wisata dan usaha pariwisata lainnya, sehingga dapat mendorong perekonomian masyarakat setempat.

“Penataan kampung ini diarahkan untuk hunian bagi di Labuan Bajo. Oleh sebab itu, pemerintah pusat dengan pemerintah daerah melakukan rehab rumah warga, dengan peruntukan sebagai kios atau home stay. Dengan demikian pariwisata di Labuan Bajo betul-betul memiliki manfaat bagi masyarakat setempat, bukan hanya yang bintang 4 dan bintang 5,” ucap Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi juga berpesan kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat di Labuan Bajo untuk menjaga kebersihan dan merawat dengan baik infrastruktur yang sudah dibangun.

“Kepada Pak Bupati Manggarai Barat dan Pak Gubernur untuk siapkan tempat sampah dan pemeliharaan toilet umum. Kemudian training kepada pelaku-pelaku usaha homestay ini agar terus dilakukan karena Labuan Bajo ini akan berkembang menjadi kawasan wisata yang besar,” tandasnya.***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here