Saturday, 4 May 2024
HomeNasionalWarga Diminta Tak Khawatir, Penularan Cacar Monyet Lebih Sulit dari Covid-19

Warga Diminta Tak Khawatir, Penularan Cacar Monyet Lebih Sulit dari Covid-19

Bogordaily.net – Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat untuk tidak terlalu khawatir dengan temuan satu kasus di Indonesia. Pasalnya, penularan virus ini berbeda dengan Covid-19.

Menurut Budi, penularan jauh lebih sulit apabia dibandingkan Covid-19. hanya menular ketika sudah terjadi gejala, sedangkan Covid-19 bisa menular di saat pasien tidak tahu dia sebenarnya sakit.

dia bintik-bintik dulu, keluar nanah, baru menular. Kalau belum keluar bintik-bintik dia gak menular,” ungkap Budi saat konferensi pers seusai membuka The 3rd G20 Health Working Group di Bali, Senin 22 Agustus 2022.

Oleh karena itu, Budi berpesan untuk menghindari jauh lebih mudah ketika gejalanya sudah terlihat. Kondisi terebut harus diantisipasi dengan menghindar dan jangan dekat-dekat.

“Penularan gak semudah Covid yang ngomong saja, muncrat keluar,” ujarnya.

Dia menambahkan, tanpa kontak fisik tidak akan menular. Selain itu, vaksin sama dengan vaksin cacar karena virusnya sama.

Menkes menjelaskan, vaksinasi cacar sudah pernah diberikan di Indonesia terutama pada orang-orang yang lahir di tahun 1980-an. Berbeda dengan COVID-19 yang bertahan enam bulan, vaksin cacar berlaku seumur hidup.

“Memang tidak proteksi 100 persen tapi tetap ada proteksi. Itu sebabnya di Asia lebih rendah dibanding prevalensi di Eropa. Asia dulu kita kena pandemi cacar lebih belakang dengan Eropa,” tukasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here