Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalPerhatikan 4 Risiko Meminjam Uang Kepada Teman

Perhatikan 4 Risiko Meminjam Uang Kepada Teman

Bogordaily.net – Hubungan pertemanan adalah suatu hubungan yang cukup erat yang dijalin oleh setiap makhluk sosial. Teman juga jadi salah satu kandidat yang kita datangi saat tidak memiliki . Namun  meminjam kepada teman bukanlah hal yang bisa dilakukan tanpa yang didapatkan.

Meskipun meminjam kepada rentenir maupun pinjaman online atau yang kerap disebut pinjol tergambar dengan begitu menyeramkan, namun sebenarnya meminjam kepada teman juga memiliki sederet yang menghadang di depan matamu.

Berikut 4 yang mungkin terjadi, jika kita meminjamkan pada teman:

1. Malu

Yang pertama, meminjam kepada teman tentu akan membuat kamu merasa malu. Karena seperti yang kita ketahui, biasanya kepada teman kita akan berusaha untuk menutupi beberapa kesulitan yang sedang kita alami atau rasakan.

Berterus terang perihal kekurangan uang adalah hal yang cukup membuat kita merasa sungkan karenanya. Tidak semudah itu untuk berterus terang. Dengan demikian, salah satu yang akan kamu dapatkan adalah melawan rasa malu dan sungkan tersebut untuk meminta pertolongan. Belum lagi kalau temanmu tidak berkenan untuk membantumu. Tentu kamu akan bertambah malu.

2. Cerita menyebar

Tidak semua teman bisa menyimpan rahasia. Ada kalanya kamu bercerita dengan seseorang di mana dirinya justru akan menyebarkan cerita tersebut kepada banyak orang. Ya, menyebarkan cerita bahwa kamu meminjam uang kepadanya.

Kamu mungkin akan berpikir bahwa setiap orang memiliki empati yang tinggi. Namun kenyataannya memang tidak semuanya seperti itu. Kita tidak bisa mendapatkan semua orang seperti yang kita inginkan.

3. Jadi bahan gosip

Setelah cerita itu menyebar, sangat mungkin bagi kamu untuk menjadi bahan gosip diantara banyak teman yang kamu miliki. Hal itu akan membuat kamu nampak menjadi seseorang yang begitu aneh dan menyedihkan.

Meskipun kamu mungkin juga akan mendapatkan perhatian dan dukungan dari beberapa orang, namun kebanyakan dari mereka hanyalah mereka yang menghina dan merendahkan.

4. Merasa dikasihani

Selain teman yang pelit, banyak pula sebenarnya teman yang merasa simpati dengan keadaan yang sedang menimpamu. Sayangnya, tidak semua simpati itu akan terdengar seperti seorang teman yang peduli kepada rekannya. Tapi terkadang simpati itu membuat kita terkesan begitu menyedihkan.

Tentu saja menerima hal itu tidak selalu membuat diri kita merasa siap dan menerimanya dengan baik. Terkadang dalam keadaan susah, kita menjadi lebih sensitif dan mudah terbawa perasaan. Sehingga beberapa kalimat akan membuat kita merasa sakit hati dan berantakan.(*)

5.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here