Thursday, 18 April 2024
HomeNasionalPLN Beri Bantuan Sambungan Listrik ke 77 Keluarga Kurang Mampu

PLN Beri Bantuan Sambungan Listrik ke 77 Keluarga Kurang Mampu

Bogordaily.net – Akses energi kembali diwujudkan pemerintah melalui PLN dengan program bantuan biaya sambungan bagi 77 keluarga kurang mampu di Pulau Bangka.

Hal ini menjadi bentuk peran dan hadirnya negara melalui pemenuhan kebutuhan hingga ke wilayah tertinggal, terluar dan terdepan (3T).

Penyaluran bantuan ini sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Pulau Bangka tahun 2022. Bantuan yang diberikan bersamaan dengan momen menyambut HUT ke-77 Republik Indonesia.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung Amris Adnan mengatakan, yang diberikan PLN pada bantuan ini berdaya 450 Volt Ampere (VA).

Penyaluran biaya penyambungan tersebut merupakan bagian dari program Tangggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli pada 2022.

“Program TJSL bertujuan untuk membantu masyarakat, di antaranya berupa pembinaan usaha dan memberikan bantuan biaya penyambungan ,” kata Amris.

Dia menjelaskan, dalam menyediakan , PLN biasanya hanya berkewajiban membangun jaringan untuk memasok ke rumah pelanggan.

Sementara, untuk pembuatan instalasi di dalam rumah dan biaya penyambungan biasanya menjadi tanggung jawab pelanggan.

Dengan adanya bantuan ini seluruh kewajiban masyarakat dibantu oleh PLN. Hal tersebut memperlihatkan pemerintah selalu hadir bagi masyarakat tidak mampu.

“Tidak hanya menyambungkan , bantuan tersebut meliputi pemasangan instalasi dan Sertifikat Laik Operasi (SLO),” ujarnya.

Amris mengungkapkan, bantuan penyambungan listrik ini merupakan bentuk pemenuhan kewajiban PLN dalam pemerataan kelistrikan di seluruh Indonesia. Selain itu, bantuan ini juga sebagai wujud hadirnya negara melalui akses energi.

“Kami terus meningkatkan rasio elektrifikasi dan keadilan energi, program PLN Peduli seperti bantuan penyambungan listrik sangat dibutuhkan masyarakat. Tapi lebih dari itu, PLN berkomitmen bahwa kita akan melayani listrik ke seluruh Bangka Belitung,” tuturnya.

Bupati Bangka Mulkan berharap, adanya bantuan penyambungan listrik gratis dari PLN dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat tidak mampu. Sebab, kehadiran listrik membuat masyarakat lebih produktif.

Selain itu, adanya listrik membantu anak-anak belajar di malam hari. Sehingga, hadirnya listrik bisa menciptakan generasi penerus yang berprestasi.

“Satu penyebab kemiskinan dan ketimpangan adalah tidak adanya akses terhadap infrastruktur dasar, salah satunya listrik. Melalui program TJSL PLN, pemerintah hadir mengatasi kemiskinan di Indonesia,” kata Mulkan.

Salah satu penerima bantuan, Gustini mengaku, sangat terbantu dengan adanya bantuan dari PLN. Ia pun mengucapkan terima kasih karena kini bisa menikmati listrik.

”Alhamdulillah, sekarang rumah saya sudah dialiri listrik oleh PLN. Saya mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PLN, saya sangat bersyukur sudah belasan tahun belum memiliki listrik sendiri dan akhirnya hari ini mendapatkan listrik gratis tanpa bayar sedikitpun. Terima kasih PLN,” ucap Gustini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here