Wednesday, 24 April 2024
HomeHotelPMI Kota Bogor Gandeng Sahira Butik Pakuan Jadi Volunteer Donor Darah

PMI Kota Bogor Gandeng Sahira Butik Pakuan Jadi Volunteer Donor Darah

Bogordaily.net mengajak Sahira Butik Pakuan Hotel melakukan yang dilaksanakan di Sahira Butik Hotel pada pukul 09.00 WIB, pada Selasa 23 Agustus 2022.

Lokasi tersebut beralamat di Jalan Ciheuleut No.5 Baranangsiang, , Jawa Barat. Manfaat dari kegiatan yang diselenggarakan oleh ini, memiliki banyak manfaat.

Diantaranya yakni dapat mengecek kesehatan gratis, mulai dari tensi, golongan darah. Jika ini di rutinkan setiap tiga bulan sekali dan dapat menggantikan darah yang baru.

Rangkaian kegiatan yang pertama yaitu calon pendonor mengisi formulir berisi data-data pendonor seperti kesehatan hari ini, penggunaan obat-obatan dan riwayat penyakit sebelumnya.

Langkah kedua yaitu cek tensi, cek HB, cek golongan darah oleh dokter jika calon pendonor lolos pendonor akan diambil darahnya.

“Kriteria usia untuk calon pendonor yaitu minimal 17 tahun kalau lansia 60 tahun yang penting calon pendonor dalam keadaan sehat, sedang tidak meminum obat-obatan selama 3 hari terakhir, tidak ada riwayat sakit apapun atau habis dirawat,” ungkap Dr. Antania selaku DU UDD sebagai Staff Medis.

Untuk pendonor darah yang baru pertama kali melakukan minimal berat badan yang ditentukan yaitu 50 kg dan untuk pendonor yang sudah beberapa kali melakukan donor darah berat badan diperbolehkan jika dibawah 50 kg.

“Darah tersebut diambil sebanyak 350 ml perorang. Golongan darah semua dibutuhkan, namun yang paling jarang ditemukan AB resus negative,” jelasnya.

Efek samping bagi pendonor pertama yaitu nyeri dibekas suntikan, lemas dan pusing, maka dari itu penting sekali dilakukan pemeriksaan kesehatan pendonor sebelum pengambilan darah.

“Pastinya lemes karena sudah lama tidak melakukan donor darah, tapi alhamdulilah masih segar,” tambah Hafizh Operasional Manager Sahira Butik Hotel.*

(Mutia Dheza Cantika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here