Friday, 26 April 2024
HomePolitikPrabowo Tidak Masuk Daftar Bacapres PAN, Gerindra Gak Masalah

Prabowo Tidak Masuk Daftar Bacapres PAN, Gerindra Gak Masalah

ź9Bogordaily.net – Partai tak masalah nama ketua umumnya Subianto tidak masuk dalam daftar bakal calon presiden (bacapres) yang akan diajukan PAN pada Pilpres 2024 mendatang.

Padahal sebelumnya dalam Pilpres 2019 lalu, PAN dan bersama-sama mengusung pasangan Subianto-Sandiaga Uno.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, partainya menghormati hasil Rakernas partai lain.

“Kami tidak ada masalah dengan nama-nama yang keluar, termasuk nama Pak tidak ada di situ. Itu lah demokrasi dan kita hormati,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, dikutip dari Era.id, Senin, 29 Agustus 2022.

Kata Dasco, komunikasi antara kedua partai tetap berjalan meskipun PAN tidak merekomendasikan sebagai bakal capres.

“Kami enggak ada masalah komunikasi dengan semua partai. Dan tentunya sebagai partner kita di DPR, tidak ada masalah dengan PAN. Partai Gerindra akan terus melakukan komunikasi-komunikasi bersama untuk membangun bangsa,” tuturnya.

Untuk diketahui, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengumumkan sembilan nama bakal capres yang akan diajukan pada Pilpres 2024. Nama-nama tersebut merupakan usulan dari kader di daerah.

Adapun sembilan nama bakal capres dari PAN yaitu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani.

Lalu ada pula nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Akan tetapi sembilan nama tersebut masih belum dapat dipastikan diusung oleh PAN. Pasalnya, mereka masih harus berkompromi dengan dua partaai lainnya, Golkar dan PPP, yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu.

Subianto sendiri telah menyatakan siap maju pada Pilpres 2024. Hal itu disampaikan sendiri oleh dalam Rapimnas Gerindra yang digelar di Sentul, Bogor, pada pertengahan Agustus lalu.(*)

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here