Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaProfil Hermanto Dardak, Mantan Wakil Menteri PU yang Meninggal Dunia

Profil Hermanto Dardak, Mantan Wakil Menteri PU yang Meninggal Dunia

Bogordaily.net meninggal dunia usai maut di Tol Pemalang-Batang, Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu, 20 Agustus 2022. merupakan mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia juga ayah dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak yang juga mertua artis Arumi Bachsin. Berikut dan perjalanan kariernya sebagaimana dilansir dari Suara.com.

Berdasarkan informasi dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), menempuh pendidikan hingga S-3, tepatnya di University of New South Wales.

Sebelumnya, ia lulus sarjana dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 1980. Lalu, gelar S2 juga diraih Hermanto di The University of New South Wales pada 1985.

Hermanto sempat menjadi Ketua Persatuan Pelajar Indonesia di Australia dan terakhir menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni Australia (IKAMA) dengan anggota yang mencapai 50 ribu orang.

pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono periode 2010-2014.

Ia kemudian kembali menjabat Wakil Menteri Pekerjaan Umum Kabinet Indonesia Bersatu II mendampingi Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto yang dilantik pada 11 November 2011 lalu.

Mengutip laman PUPR, Hermanto pernah menjabat posisi Dirjen Bina Marga. Saat itu, ia turut merencanakan pembangunan Tol Pemalang-Batang dan berperan memperbaiki kondisi jalan yang rusak dan menambah kapasitas jalan dari 3 jalur menjadi 4 jalur ruas tol.

Hermanto diketahui ikut berperan dalam pembebasan lahan Trans Jawa. Ia juga kerap menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) periode 2014−2016 dan Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Hermanto pernah menerima penghargaan dari Kedutaan Besar Australia di Jakarta. Penghargaan itu berupa Alumni Kehormatan (Distinguish Alumnus Award) atas dasar kontribusi luar biasanya dalam meningkatkan hubungan kerjasama antara Indonesia dan Australia.

Pemberian penghargaan itu dilakukan langsung oleh Duta Besar Australia untuk Indonesia Bill Farmer dalam sebuah acara buka puasa bersama di Jakarta beberapa tahun lalu.

Sebelumnya diberitakan terjadi di ruas Tol Pemalang-Batang antara sebuah mobil dengan truk, Sabtu, 20 Agustus 2022. Seorang penumpang Kijang Innova nopol B 2739 UFZ, warga Komplek Binamarga, Pondok kelapa, Duren sawit, Jakarta meninggal dunia di lokasi kejadian.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudussy menjelaskan, bermula saat mobil Innova menempuh perjalanan masuk dari gerbang Tol Kalikangkung dengan tujuan Jakarta yang melaju di lajur dua dengan kecepatan 100Km/Jam.

Setibanya di lokasi kejadian, pengemudi Innova Angga Saputra warga asal kampung Ragamukti Citayam Tajurhalang, Kabupaten Bogo mengalami mengantuk sehingga menabrak bagian belakang Truk Hino yang berada di depannya yang dikemudikan Siswoyo (31) warga asal Kabupaten Pati.

“Mobil mengalami kerusakan berat di bagian depan dan samping kiri. Posisi akhir Truk Hinop berdiri normal berada di bahu luar mengalami kerusakan ringan di bagian belakang,” ujar Iqbal dilansir SuaraJawaTengah.id.

Dari kronologi dan olah TKP kejadian kata Iqbal, secara teknis kondisi jalan baik tidak terdapat kerusakan jalan. Kecelakaan diduga karena pengemudi Innova mengantuk.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here