Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaProfil James Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Siap Beli MU

Profil James Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Siap Beli MU

Bogordaily.net – Manchester United dikabarkan akan dibeli oleh asal Inggris, James Ratcliffe. Sebelumnya, pada 2019 dirinya juga dikabarkan hampir membeli . Berikut profil James Ratcliffe.

Apabila kuasa keluarga Glazer di Old Trafford tak lagi berjalan dan mereka memutuskan untuk menjual , maka orang pertama yang bakal dikait-kaitkan adalah Sir Jim Ratcliffe.

Figur berusia 69 tahun yang lahir di Oldham, Inggris itu merupakan salah satu dari sedikit orang yang diklaim mampu membeli saham penuh Manchester United.

Ratcliffe memang kerap dikait-kaitkan dengan dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi, negosiasi dan kesepakatan pengambilalihan klub urung terlaksana.

Sang konglomerat terus mengeruk kekayaan mengingat ia merupakan pemilik perusahaan pembangkit tenaga kimia Ineos, yang membuatnya menjadi sekaligus orang terkaya di Negeri Ratu Elizabeth.

Digadang-gadang menjadi orang terkaya di Inggris, Jim merupakan seorang pengusaha yang memiliki perjalanan karier tergolong cepat. Setelah menyudahi bekerja di perusahaan milik orang lain, sekitar 25 tahun setelah itu Jim sudah memiliki perusahaan sendiri.

Jim mengenal dunia kerja pertama kali di sebuah perusahaan ExxonMobil. Ia mengabdi di perusahaan tersebut sampai usianya 35 tahun. Setelah itu, ia bekerja di sebuah perusahaan modal ventura.

Meskipun mendapatkan gaji yang besar dan diberikan fasilitas mobil BMW, Jim memutuskan pindah kerja ke Advent International. Di perusahaan itulah pria kelahiran 18 Oktober 1952 ini mendapatkan ilmu untuk menjalankan bisnis sendiri.Memasuki tahun 1992, Jim membulatkan tekadnya untuk merintis bisnis sendiri melalui perusahaan besutannya bernama INSPEC. Perusahaan tersebut membeli aset berkualitas dari perusahaan lain dengan modal utang.

Singkat cerita, berawal dari bisnis yang sederhana, akhirnya INSPEC berhasil melebarkan sayapnya. INSPEC berhasil membeli perusahaan asal Amerika Serikat (AS) senilai US$11 juta dan langsung melantai di bursa saham dengan nilai US$164 juta. Pada tahun 1998, INSPEC dijual seharga US$1 miliar dan Jim mendirikan INEOS.

Selama menakhodai INEOS, tercatat Jim Ratcliffe sudah mengakuisisi 22 perusahaan. Saat ini bisnisnya semakin moncer. Ia pun merupakan pemilik saham mayoritas perusahaan petrokimia INEOS.

Perusahaan yang dimilikinya itu menjadi perusahaan manufaktur terbesar ketiga di dunia dengan pendapatan US$60 miliar dan laba US$7 miliar, serta memiliki 15.000 karyawan.

Keberhasilan perusahaannya itu membawa namanya menjadi orang paling sugih di Inggris. Kini, Jim merupakan pengusaha di perusahaan bahan kimia yang tercatat memiliki kekayaan sebesar £21 miliar atau sekitar Rp392 triliun.

Praktis, beberapa penggemar sangat ingin klub yang mereka cintai bisa jatuh ke pangkuan Ratcliffe, mengingat para tifosi selalu menyebut bakal sangat indah bagi kesebelasan bisa memiliki presiden yang menggemari olahraga sepak bola dengan latar belakang finansial yang kuat.

Demikiannlah tadi profil singkat sang Inggris  James Ratcliffe. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here