Lantang Bongkar Upaya Suap Ferdy Sambo, Ini Profil Ketua LPSK Hasto Atmojo Saroso

Menu

Mode Gelap
Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022 Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022

Tokoh ยท 12 Agu 2022 19:43 WIB

Lantang Bongkar Upaya Suap Ferdy Sambo, Ini Profil Ketua LPSK Hasto Atmojo Saroso


 Ketua LPSK, Hasto Atmojo Suroyo Perbesar

Ketua LPSK, Hasto Atmojo Suroyo

Bogordaily.net – Profil Ketua LPSK Hasto Atmojo Saroso rupanya bukan orang sembarangan. Namanya kini jadi perhatian publik seiring kasus Irjen Ferdy Sambo atas kematian Brigadir J.

Dia juga lantang menyuarakan perkembangan kasus tersebut. Terbaru dia mengungkapkan upaya penyogokan Irjen Ferdy Sambo agar isterinya Putri Candrawathi mendapat perlindungan LPSK.

Saat masih menyandang jabatan Kadiv Propam, Irjen Ferdy Sambo disebut memberi amplop berisi uang melalui seorang perwakilan.

Hasto mengungkap bahwa kejadian ‘dapat amplop’ tersebut terjadi ketika pihaknya menyambangi kantor Ferdy Sambo saat masih jadi Kadiv Propam pada Rabu 13 Juli 2022.

“Waktu sudah selesai mau pulang, ada seseorang dari Pak Ferdy Sambo menyampaikan dua amplop besar yang diduga isinya adalah uang. Tapi kita tidak tahu karena kita tidak membukanya,” kata Hasto kepada awak media Suara.com Jumat 12 Agustus 2022.

Lantas, seperti apa profil Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo tersebut? Berikut Profil Ketua LPSK Hasto Atmojo Saroso.

Keluarga perwira TNI AU

Mengutip laman resmi LPSK, Hasto Atmo Suroyo terlahir dari Keluarga Perwira TNI Angkatan Udara.

Ia merupakan salah seorang tokoh akademisi yang banyak berkiprah dalam isu sosial dan politik.

Pernah jadi aktivis kampus

Hasto merupakan seorang tamatan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada dan mengambil jurusan Sosiologi. Semasa kuliah, ia mendirikan Kelompok Studi dan Bantuan Hukum (KSBH) di Yogyakarta bersama rekan-rekan studinya.

Melalui kelompok tersebut, Hasto banyak menelurkan kajian-kajian hukum dan memberikan pendampingan hukum bagi masyarakat. Adapun ia disebut pernah mendampingi masyarakat sekitar Borobudur dan Prambanan terkait kasus pembebasan tanah.

Ia lulus dari UGM pada 1983 dan melanjutkan studi tingkat S2 di jurusan Kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Terjun ke dunia hukum hingga jadi Ketua LPSK

Usai tamat kuliah, Hasto berkecimpung di dunia hukum. Ia memulai kariernya dengan tergabung dalam Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) di Jakarta hingga tahun 1993.

Selain berkarier di dunia hukum, Hasto juga menjadi dosen Sosiologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univesitas Nasional.

Ia terpilih menjadi dekan perguruan tinggi tersebut selama dua periode yakni 2002-2006 dan periode 2006-2010.

Dalam waktu yang bersamaan, ia juga terpilih sebagai salah satu Anggota (Komisioner) Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Periode 2002 – 2007.

Usai menjabat dekan, Hasto kemudian melanjutkan kariernya dengan tergabung dalam Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Dalam keikutsertaannya dalam LPSK, Hasto beberapa kali menjadi pimpinan lembaga tersebut. Salah satunya yakni jabatan Wakil Ketua yang ia emban hingga 2018.

Kini, ia menjabat ketua LPSK dari 2019 hingga akhir masa jabatannya pada 2024 mendatang.***

 

Sumber: suara.com

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Sosok Johanis Tanak, Pengganti Lili Pintauli Siregar

29 September 2022 - 08:56 WIB

sosok Johanis Tanak

Profil Febri Diansyah, Eks Jubir KPK yang Kini Jadi Pengacara Putri Candrawathi

28 September 2022 - 16:51 WIB

Rasamala Aritonang, Eks Penyidik KPK yang Kini Jadi Pengacara Ferdy Sambo

28 September 2022 - 16:20 WIB

Sosok Giorgia Meloni, PM Perempuan Pertama di Italia

27 September 2022 - 08:12 WIB

sosok Giorgia Meloni

Sosok Syekh Yusuf Qaradhawi, Ulama Berpengaruh yang Wafat di Usia 96 Tahun

26 September 2022 - 23:13 WIB

Profil dan Biodata Evie Effendi, Ustaz Gaul dari Bandung

26 September 2022 - 09:02 WIB

Trending di Tokoh