Friday, 26 April 2024
HomeBeritaProfil Sanna Marin, PM Termuda Finlandia yang Heboh Gegara Pesta Liar

Profil Sanna Marin, PM Termuda Finlandia yang Heboh Gegara Pesta Liar

Bogordaily.net–  Perdana Menteri membuat heboh lantaran video pesta liarnya beredar di media sosial. Dilansir AFP, beberapa orang menilai komentar pengunjung pesta yang terekam di video itu merujuk pada narkotika meski ia telah membantahnya.  Kehadiran Marin di pesta itu pun dikritik sebagai tindakan yang tak seharusnya dilakukan oleh perdana menteri. Namun, beberapa kalangan menilai merupakan hak Marin untuk menikmati pesta bersama teman-temannya.  Berikut sebagaimana dilansir CNN Indonesia.

merupakan perdana menteri termuda dan kini berusia 36 tahun. Marin menjabat sebagai perdana menteri sejak 2019. Orang tua Marin berpisah sejak kecil, membuat Marin tumbuh bersama ibu dan pasangan perempuan ibunya di wilayah Pirkkala.

Sebagaimana diberitakan CNN, Marin dalam blog pada 2016 mengaku kedua orang tuanya bercerai karena ayahnya yang memiliki “masalah alkohol.”

Ia pun tumbuh di apartemen sewaan dan tak bergelimang harta bahkan sempat bekerja di toko roti saat 15 tahun. Saat SMP dan SMA, dia mendistribusikan majalah untuk mendapatkan tambahan uang. Setelah lulus sekolah, Marin bekerja sebagai penjaga kasir.

Akibat rekam jejaknya ini, Menteri Dalam Negeri Estonia Mart Helme sempat mengejeknya “gadis pelayan toko.”

“Sekarang kita melihat satu gadis pelayan toko telah menjadi perdana menteri, pun beberapa aktivis jalan dan orang yang tak berpendidikan masuk ke kabinet,” kata Helme pada 2019.

Meski demikian, Marin menggunakan komentar Helme untuk keuntungan politiknya. Dalam pernyataan Twitter, Marin sempat mengaku bangga dengan .

“Lihat anak dari keluarga miskin dapat mengedukasi diri mereka dan mencapai tujuan mereka di kehidupan. Seorang pelayan toko bahkan bisa menjadi perdana menteri,” katanya kala itu.

Marin merupakan orang pertama dalam keluarganya yang belajar di universitas. Ia masuk ke politik pada umur 20 tahun.

Kemudian pada usia 27 tahun, Marin terpilih sebagai pemimpin Dewan Kota Tampere. Tiga tahun setelahnya, ia menjadi anggota parlemen.

Marin juga sempat menjadi Menteri Transportasi . Dari segi kebijakan politik, Marin dikenal mendukung penambahan kuota pengungsi dan meningkatkan pajak demi mendukung kesejahteraan negara. Tak hanya itu, banyak pengamat menilai Marin merupakan salah satu figur pemimpin dunia yang kuat.

Sementara itu bukan pertama kali ia membuat kontroversi karena berpesta. Marin pernah kedapatan menghadiri pesta heboh pada 2021, meski sempat kontak erat dengan Menteri Luar Negeri Pekka Haavisto yang kala itu baru saja terkena Covid-19. Informasi itu muncul setelah foto-foto Marin berpesta dirilis di majalah hiburan.

The Independent melaporkan Marin kemudian menuliskan surat permintaan maaf dalam Facebook. Ia memang dikenal sebagai pemimpin yang suka pesta untuk mengusir kepenatan di sela kesibukannya sebagai Perdana Menteri.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here