Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaProfil Winda Utami, Juru Bahasa Isyarat Upacara HUT RI yang Viral saat...

Profil Winda Utami, Juru Bahasa Isyarat Upacara HUT RI yang Viral saat Farel Prayoga Tampil

Bogordaily.net–  Pada perayaan Hari Kemerdekaan ke-77 tahun RI di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Agustus 2022 terdapat hal menarik. Ya, saat penyanyi cilik tampil menyanyikan lagu “Ojo Dibandingke” di hadapan Presiden, para pejabat pemerintah, pejabat TNI Polri, dan tamu undangan dengan memukau, pihak penyelenggara menampilkan interpreter bahasa isyarat untuk menerjemahkan lagu yang dibawakan oleh Farel, yaitu . Kehadirannya pun menyedot perhatian dan . Lalu, siapa ?

Dilansir Suara.com, atau yang akrab disapa Winda merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2007. Profesinya sebagai interpreter bahasa isyarat ini membuatnya sering dilibatkan dalam berbagai kegiatan, termasuk kegiatan peringatan hari kemerdekaan dan keterlibatannya dalam kegiatan pemerintahan.

Dalam akun Instagram pribadinya, Winda pernah mengungkap bahwa dirinya pertama kali tertarik dengan bahasa isyarat ketika ia berkenalan dengan komunitas Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (GERKATIN) saat dirinya berada di Solo, Jawa Tengah. Ketertarikannya terhadap tunarungu dan bahasa isyarat pun membuatnya sering terlibat di kegiatan GERKATIN.

Wanita kelahiran 18 Maret 1989 ini juga merupakan bagian dari lembaga bahasa isyarat resmi yang juga menyediakan jasa interpreter, yaitu Indonesia Sign Language Interpreter (INASLI).

Tak hanya itu Winda juga pernah terlibat sebagai interpreter di Divisi Humas Polri dan acara Debat Capres-Cawapres tahun 2014 lalu. Kemampuannya dalam menerjemahkan kata kata di dalam bahasa isyarat membuatnya pernah bekerja sama dengan media media besar Indonesia, termasuk saat dirinya terpilih sebagai interpreter untuk upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun kemarin.

Winda juga terlibat di dalam kegiatan side event menuju KTT G20 yang akan dilaksanakan di Bali pada November 2022 mendatang sebagai perwujudan kegiatan internasional yang inklusif dan ramah disabilitas.

Ia juga terlibat dalam acara 3rd International Conference Deaf Muslims yang diselenggarakan 2019 lalu bersama puluhan peserta tunarungu dari berbagai negara di dunia.

Winda diketahui sudah memiliki suami bernama Gilang Swara Respati dan satu orang anak. Ia mengungkap bahwa banyak sekali orang yang mengenal dirinya karena penampilannya saat menerjemahkan lagu Ojo Dibandingke selama menyanyi di hadapan presiden.

Aksi ekspresif , interpreter bahasa isyarat saat nyanyikan Ojo Dibandingke di HUT ke-77 RI. (Instagram/@dramaojol.id/Suara.com/Bogordaily.net)

“Ketika sobat ambyar, dapat lagu campursari koplo…hobah…antara mencintai pekerjaan atau mau goyang tertahan profesionalitas” tulis Winda di akun Instagramnya @wind.utami sambil menambahkan emot tertawa.

Sebelumnya diberitakan translator saat bernyanyi lagu Ojo Dibandingke saat menghibur Presiden Jokowi dan membuat tamu di Istana Negara viral dan jadi perbincangan warganet.

“Mbak translatornya mood banget,” tulisan dalam video, dikutip dari Yoursay.id, Kamis 18 Agustus 2022.

Translator dari lagu Ojo Dibandingke yang dinyanyikan oleh saat di Istana Negara begitu energik.

Translator itu sambil menerjemahkan lirik lagu Ojo Dibandingke ke dalam bahasa isyarat untuk para teman tuli tampak ikut bergoyang. Ia mulai bergoyang ketika masuk ke dalam reff lagu Ojo Dibandingke.

Ia tak hanya menerjemahkan sambil bergoyang. Ekspresi serta gerakan mulutnya tampak menyesuaikan dengan lirik lagu Ojo Dibandingke.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here