Saturday, 20 April 2024
HomeKulinerRayakan HUT RI Ke-77, Begini Cara Membuat Sajian Tumpeng Nasi Kuning

Rayakan HUT RI Ke-77, Begini Cara Membuat Sajian Tumpeng Nasi Kuning

Bogordaily.net – Untuk memeriahkan momen 17 Agustus, tak ada salahnya jika Anda membuat berbagai sajian menarik. Salah satu menu yang bisa Anda sajikan ialah nasi kuning. Berikut cara membuat sajian nasi kuning.

nasi kuning tak hanya cocok disajikan ketika acara tertentu saja, hidangan ini juga siap menjadi sajian lezat untuk nikmati hari libur di tanggal 17 Agustus nanti

Nasi merupakan makanan pokok yang selalu dihadirkan sebagai bahan utama . Bisa berupa nasi putih atau nasi kuning.
Beberapa daerah di Indonesia memakai nasi kuning sebagai lambang ucapan syukur. Karena warna kuning berarti kegembiraan, syukur dan harapan.

Kini nasi sering dibuat seperti cake ulang tahun dengan bentuk berundak. Meskipun bentuk ini bertentangan dengan makna kebulatan tekad dan mengerucutkan kehendak pada Tuhan.

Berikut cara membuat sajian nasi kuning yang bisa disajikan saat perayaan hari kemerdekaan.

Bahan membuat :

  • 2 liter beras
  • Santan dari kelapa 1 butir ukuran besar
  • 2 sendok teh kunyit bubuk
  • Garam secukupnya
  • 2 lembar salam
  • 2 batang sereh

Bumbu pelengkap:

  • 6 lembar daun salam
  • 3 batang sereh yang diambil bagian putihnya kemudian digeprek
  • 3 jahe yang diiris tipis

Cara membuat nasi kuning:

  1. Pertama-tama, rebus santan kemudian masukkan sedikit garam, sereh dan juga daun salam. Aduk-aduk perlahan agar tekstur santan tidak pecah.
  2. Tambahkan beras dengan sedikit air, sesekali aduk agar tidak gosong. Diamkan sebentar hingga beras sedikit lembek, usahakan air yang dituang sedikit saja agar tidak terlalu lunak.
  3. Setelah itu letakkan nasi ke dalam baskom yang agak besar, kemudian tuang kunyit bubuk atau giling untuk dijadikan sebagai pewarna. Jangan lupa pula untuk tambahkan sedikit garam.
  4. Perlahan, masukkan santan sedikit demi sedikit, aduk menggunakan centong hingga teksturnya benar-benar tercampur rata. Selanjutnya masukkan daun salam sereh dan jahe, kemudian aduk sekali lagi.
  5. Diamkan beras sebentar agar tanak dan santannya meresap selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, kukus nasi hingga matang.
  6. Jika sudah matang, hidangkan nasi kuning dengan berbagai macam lauk pauk sesuai selera. Biasanya nasi kuning ini dihidangkan dengan ayam goreng, telur balado, sambal goreng kentang ati hingga kering tempe.

Nah itu dia tadi cara membuat tumpeng nasi kuning untuk rayakan HUT RI Ke-75 di rumah. Selamat mencoba ya!

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here