Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaSama Seperti Indonesia, Ini 7 Negara Rayakan Hari Kemerdekaan Bulan Agustus

Sama Seperti Indonesia, Ini 7 Negara Rayakan Hari Kemerdekaan Bulan Agustus

Bogordaily.net–  Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan atau hari ini, Rabu 17 Agustus 2022. Selain Indonesia, sejumlah negara juga sama-sama merayakan setiap bulan Agustus. Dilansir CNN Indonesia, berikut tujuh negara selain Indonesia yang merayakan kemerdekaan pada bulan Agustus:

Swiss

Swiss merayakan pada 1 Agustus. Pada tanggal tersebut, tiga negara bagian Swiss, yakni Uri, Schwyz, dan Unterwalden bergabung pada 1291. Berdasarkan situs resmi pemerintah Swiss, aliansi tersebut merupakan bagian terpenting dalam perkembangan negara itu hingga saat ini.

Singapura

Singapura meraih kemerdekaan pada 9 Agustus 1965. Berdasarkan situs resmi pemerintah, Singapura merayakan kemerdekaan mereka dengan Parade Hari Nasional. Parade ini dipenuhi dengan acara militer, lagu berbagai budaya, dan pertunjukan tari. Sebelum perayaan Singapura, Perdana Menteri Lee Hsien Loong sempat membahas kemungkinan terjadinya salah hitung imbas tensi di Selat Taiwan.

Pakistan

Pakistan merayakan pada tanggal 14 Agustus. Berbagai upacara dilangsungkan dalam acara ini. Sebagaimana diberitakan Al Jazeera, upacara kemerdekaan di Karachi berlangsung di makam Muhammad Ali Jinnah, yang adalah pendiri negara itu.

India

India merayakan India pada 15 Agustus. India bebas dari penjajahan Inggris pada 1947, setelah dikuasai selama 190 tahun, dikutip dari Britannica. Saat memberikan pidato kemerdekaan India pada Senin, 15 Agustus 2022, Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan negaranya bakal menjadi negara maju dalam 25 tahun.

Ukraina

Ukraina merayakan kemerdekaannya dari Uni Soviet pada 24 Agustus, dikutip dari situs resmi Universitas Harvard. Meski begitu, perayaan kemerdekaan Ukraina tahun ini kemungkinan bakal diwarnai dengan perang, mengingat Rusia masih menginvasi negara itu hingga hari ini. Invasi Rusia di Ukraina dimulai pada Februari, saat Presiden Vladimir Putin mengumumkan operasi militer ke negara itu.

Moldova

Moldova merupakan salah satu negara yang sempat menjadi bagian Uni Soviet, merayakan peringatan kemerdekaan mereka pada 27 Agustus. Sebagaimana diberitakan Radio Free Europe, perayaan kemerdekaan ini dipenuhi dengan parade kostum rakyat, pidato pemimpin negara, pun konser di ibu kota negara itu, Chisinau.

Malaysia

Malaysia merayakan pada 31 Agustus. Diberitakan The Straits Times, perayaan ini biasa dipenuhi dengan parade militer. Britannica melaporkan Malaysia meraih kemerdekaan setelah dijajah Inggris pada 1957.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here