Ini Makanan Pengganti Nasi Untuk Turunkan Berat Badan

Menu

Mode Gelap
Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022 Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022

Kuliner ยท 11 Agu 2022 16:22 WIB

Sedang Diet? Ini Makanan Pengganti Nasi Untuk Turunkan Berat Badan


 Beras Shirataki Jadi salah Satu Makanan Untuk Diet. (pesona/Bogordaily.net) Perbesar

Beras Shirataki Jadi salah Satu Makanan Untuk Diet. (pesona/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Nasi putih memang merupakan makanan pokok sehari-hari bagi masyarakat Indonesia. Namun, ketika ingin menurunkan berat badan sebagian orang mulai memilih mencari makanan pengganti nasi untuk diet.

Selain karbohidrat, nasi juga mengandung serat, protein, magnesium, dan zinc. Namun, nasi putih merupakan salah satu makanan yang punya indeks glikemik tinggi.

Dilansir dari Harvard, makanan dengan indeks glikemik tinggi ini dapat membuat glukosa darah meningkat dan memicu kondisi diabetes.

Selain itu, konsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi setiap hari juga dapat membuat berat badan lebih mudah meningkat. Untuk itu, dalam program diet biasanya beberapa orang memilih mengonsumsi makanan lain selain nasi putih sebagai sumber karbohidrat.

Nah, berikut adalah daftar makanan yang dapat menjadi pengganti nasi putih untuk diet.

1. Nasi Merah

Salah satu pengganti nasi untuk diet yang paling mudah dijumpai adalah nasi merah. Dengan kandungan serat yang lebih tinggi, nasi merah dapat membuat perut kenyang lebih tahan lama.

Dilansir dari Healthline, nasi merah dapat berpotensi melawan radikal bebas dan mengandung antioksidan flavonoid, sehingga baik untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Nasi Beras Coklat

Bukan hanya nasi merah, nasi cokelat juga cukup populer sebagai pengganti nasi putih untuk diet. Beras ini punya kandungan yang lebih baik dan indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih.

Selain itu, dilansir dari Healthline, nasi beras cokelat punya kandungan nutrisi yang tinggi, sehingga tidak hanya bermanfaat untuk diet.

3. Kentang

Kentang merupakan umbi-umbian yang dapat menggantikan konsumsi nasi. Kentang juga dapat diolah dengan banyak cara yang nikmat. Termasuk direbus, dikukus, dihaluskan, dan dipanggang.

Dengan tekstur yang lembut, kentang dapat membuat kamu merasa kenyang. Selain itu kentang juga dapat berperan sebagai penyeimbang gula darah, penurun kolesterol, dan memberikan efek anti-inflamasi.

4. Quinoa

Bagi kamu yang memiliki pola makan vegetarian pasti sudah tidak asing dengan quinoa. Quinoa adalah makanan pengganti untuk diet yang punya tekstur dan rasa seperti biji-bijian.

Ada tiga macam quinoa yang bisa kamu temukan yaitu white quinoa (quinoa putih yang lebih creamy), red quinoa (quinoa yang berwarna merah), dan black quinoa (quinoa berwarna hitam).

Bila dibandingkan dengan nasi biasa, quinoa punya kandungan protein yang lebih tinggi dan bebas gluten.

5. Shirataki

Nasi atau mie shirataki juga salah satu pengganti nasi untuk diet yang cukup populer. Kandungan serat glucomannan di dalamnya membuat shirataki rendah kalori dan rendah karbohidrat.

Berdasarkan penelitian, 100 gram konjak dapat mengandung 10 kalori dan 5 gram karbohidrat yang kaya akan serat.

Selain baik untuk diet, kandungan serat glucomannan dalam konjak juga baik untuk menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi, dan gula darah dalam tubuh. Bukan hanya itu, glucomannan juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Itu tadi beberapa pilihan makanan pengganti nasi untuk diet. (*)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Hong Kong Tarik Peredaran Mie Sedaap, Wings Group Buka Suara

29 September 2022 - 15:16 WIB

Wings Mie Sedaap

Karena Alasan Ini, Hong Kong Tarik Mie Sedaap Asal Indonesia

29 September 2022 - 15:08 WIB

Hong Kong Mie Sedaap

Review Restoran Solo Maknyus di Kota Bogor, Menu dan Daftar Harganya

28 September 2022 - 17:00 WIB

Review Menu dan Daftar Harga Makanan di Saung Kuring Bogor

28 September 2022 - 16:47 WIB

Review Menu dan Harga Makanan di Rumah Air Bogor

28 September 2022 - 16:32 WIB

Review 6 Restoran Keluarga Paling Enak di Bogor yang Bikin Ngiler

28 September 2022 - 16:17 WIB

Trending di Kuliner