Friday, 29 March 2024
HomeKulinerSedang Diet? Ini Makanan Pengganti Nasi Untuk Turunkan Berat Badan

Sedang Diet? Ini Makanan Pengganti Nasi Untuk Turunkan Berat Badan

Bogordaily.net – Nasi putih memang merupakan makanan pokok sehari-hari bagi masyarakat Indonesia. Namun, ketika ingin menurunkan berat badan sebagian orang mulai memilih mencari makanan pengganti nasi untuk .

Selain karbohidrat, nasi juga mengandung serat, protein, magnesium, dan zinc. Namun, nasi putih merupakan salah satu makanan yang punya indeks glikemik tinggi.

Dilansir dari Harvard, makanan dengan indeks glikemik tinggi ini dapat membuat glukosa darah meningkat dan memicu kondisi diabetes.

Selain itu, konsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi setiap hari juga dapat membuat berat badan lebih mudah meningkat. Untuk itu, dalam program biasanya beberapa orang memilih mengonsumsi makanan lain selain nasi putih sebagai sumber karbohidrat.

Nah, berikut adalah daftar makanan yang dapat menjadi pengganti nasi putih untuk .

1. Nasi Merah

Salah satu pengganti nasi untuk yang paling mudah dijumpai adalah nasi merah. Dengan kandungan serat yang lebih tinggi, nasi merah dapat membuat perut kenyang lebih tahan lama.

Dilansir dari Healthline, nasi merah dapat berpotensi melawan radikal bebas dan mengandung antioksidan flavonoid, sehingga baik untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Nasi Beras Coklat

Bukan hanya nasi merah, nasi cokelat juga cukup populer sebagai pengganti nasi putih untuk . Beras ini punya kandungan yang lebih baik dan indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih.

Selain itu, dilansir dari Healthline, nasi beras cokelat punya kandungan nutrisi yang tinggi, sehingga tidak hanya bermanfaat untuk .

3. Kentang

Kentang merupakan umbi-umbian yang dapat menggantikan konsumsi nasi. Kentang juga dapat diolah dengan banyak cara yang nikmat. Termasuk direbus, dikukus, dihaluskan, dan dipanggang.

Dengan tekstur yang lembut, kentang dapat membuat kamu merasa kenyang. Selain itu kentang juga dapat berperan sebagai penyeimbang gula darah, penurun kolesterol, dan memberikan efek anti-inflamasi.

4. Quinoa

Bagi kamu yang memiliki pola makan vegetarian pasti sudah tidak asing dengan quinoa. Quinoa adalah makanan pengganti untuk yang punya tekstur dan rasa seperti biji-bijian.

Ada tiga macam quinoa yang bisa kamu temukan yaitu white quinoa (quinoa putih yang lebih creamy), red quinoa (quinoa yang berwarna merah), dan black quinoa (quinoa berwarna hitam).

Bila dibandingkan dengan nasi biasa, quinoa punya kandungan protein yang lebih tinggi dan bebas gluten.

5. Shirataki

Nasi atau mie shirataki juga salah satu pengganti nasi untuk yang cukup populer. Kandungan serat glucomannan di dalamnya membuat shirataki rendah kalori dan rendah karbohidrat.

Berdasarkan penelitian, 100 gram konjak dapat mengandung 10 kalori dan 5 gram karbohidrat yang kaya akan serat.

Selain baik untuk , kandungan serat glucomannan dalam konjak juga baik untuk menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi, dan gula darah dalam tubuh. Bukan hanya itu, glucomannan juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Itu tadi beberapa pilihan makanan pengganti nasi untuk . (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here