Monday, 6 May 2024
HomeNasionalKereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Juni 2023

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Juni 2023

Bogordaily.net – Jakarta-Bandung kini bisa ditempuh secepat kilat. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, (KCJB) akan mulai beroperasi dan dapat digunakan oleh masyarakat pada Juni 2023 mendatang.

“Kereta cepat kita sampaikan Insya Allah bulan September ini kita akan kedatangan mulai kereta cepatnya dan kita akan terus uji coba dan Insya Allah di tahun depan bulan Juni sudah mulai bisa operasi,” ujarnya usai Rapat Terbatas di Jakarta, Rabu 24 Agustus 2022.

Erick menjabarkan, dalam rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Kementerian BUMN bersama para Menteri-Menteri lainnya juga membahas potensi ekonomi yang dapat dibangun dari sebuah ekosistem yang menyeluruh dari transportasi massal.

“Yang ada di kota Jakarta nanti tembus juga menyambungkan ke Jawa Barat. Kita tahu LRT ini sekarang, ditambah tentu kereta api luar yang sudah dibangun oleh KAI, ditambah MRT,” jelasnya.

Presiden RI Jokowi juga menyampaikan bahwa pihak Jepang akan berkomitmen untuk membantu mulai dari pendanaan hingga pembangunan MRT secara berkelanjutan. “Hasil pertemuan Presiden dengan Perdana Menteri Jepang ini menjadi sebuah ekosistem yang menjadi sebuah satu kesatuan,” imbuhnya.

Harapannya, kata Erick, ketika ketiga transportasi disatukan dari Jakarta ke Jawa Barat, maka dapat mendorong pertumbuhan ekonomi baru. “Karena kenapa tentu hasil rapat tadi kita ingin membangun kawasan yang selama ini kita tau bahwa Jawa Barat sebagai potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tidak kalah pentingnya dengan daerah-daerah lain,” jelasnya tentang harapan dengan adanya .

Erick menambahkan, apalagi, di Provinsi tersebut susah ada pembangunan infrastruktur penunjang sektor logistik.

“Di sana sudah terjadi pembangunan Patimban. Di rapat seminggu yang lalu para menteri sudah berkoordinasi memutuskan Kertajati itu akan menjadi salah satu pusat daripada yang namanya Airport untuk kargo yang selama ini potensi yang tidak pernah kita liat potensinya,” ungkapnya.

“Artinya apa? Ketika ada Patimban, ada kargo, dan kami juga ditugaskan baru saja membangun kawasan industri Subang yang merupakan satu kawasan yang menyeluruh ini jadi konektivitas antara logistik dan manusianya,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here