Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalSiap-Siap! 1,4 Juta Siswi di Jabar Bakal Diberi Tablet Penambah Darah

Siap-Siap! 1,4 Juta Siswi di Jabar Bakal Diberi Tablet Penambah Darah

Bogordaily.net–  Sebanyak 1,4 juta remaja putri (Jabar) berusia 12 sampai 18 tahun akan rutin diberikan tablet penambah darah. Pemberian tablet penambah darah untuk remaja putri yang di antaranya merupakansiswa SMA/SMK sederajat ini guna meminimalisir terjadinya berbagai penyakit.

Kepala Dinas Pendidikan Dedi Supandi mengatakan, tablet penambah darah ini diberikan kepada remaja putri Jabar oleh Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan (Kemenkes) Jabar.

“Hari ini untuk remaja putri yang minum saya perkirakan kurang lebih 1,4 juta (orang) yang terdiri dari anak-anak remaja di sekolah, SMA/SMK sederajat dan juga sebagian SMP dan sebagian di lingkungan Kementerian Agama,” ujar Dedi Supandi di sela Kampanye Gizi Seimbang dan Gebyar Minum Tablet Tambah Darah (TTD) di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis, 11 Agusutus 2022.

Dosis tablet penambah darah ini nantinya akan dikonsumsi oleh remaja putri secara berkala satu tablet untuk satu minggu. Pihaknya akan memberikan kartu sebagai bagian dari monitoring dan evaluasi program tersebut.

“Selain kartu itu ada aplikasi ceria, aplikasi itu ada di playstore. Aplikasi itu juga mengingatkan akan bunyi jika belum minum,” kata Dedi.

Kampanye Gizi Seimbang dan Gebyar Minum Tablet Tambah Darah (TTD) di Gedung Sate, Kota Bandung, , Kamis, 11 Agusutus 2022.(Istimewa/Bogordaily.net)

Dedi juga menyebut berbagai dampak kesehatan akan muncul bilamana kekurangan darah. Sementara remaja putri tentunya memiliki potensi yang besar mengalami berbagai macam jenis penyakit yang ditimbulkan oleh kekurangan darah tersebut.  Menurutnya, penyakit sendiri kini menjangkit 41,8 persen masyarakat Jabar.

“Jika mereka terkena maka dari ini akan berdampak kepada gejala gejala kalau di remaja mengganggu pemikiran, pembelajaran dan lain sebagainya,” jelas Dedi.

Tidak hanya itu, menurut Dedi Supandi,  juga akan berdampak kepada wanita bilamana hamil dan melahirkan. Di mana kekurangan darah akan memicu munculnya kondisi stunting terhadap anak.

“Maka Hari ini kita lakukan serentak untuk membudayakan minum tablet tambah darah,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dedi berharap, melalui gerakan minum tablet tambah darah ini mampu menjadikan Indonesia terbebas dari dan mampu zero stunting pada 2045 nanti.

Kampanye Gizi Seimbang dan Gebyar Minum Tablet Tambah Darah (TTD) di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 11 Agusutus 2022.(Istimewa/Bogordaily.net)

“Tujuannya adalah memersiapkan remaja remaja putri yang ke depannya mereka akan menjadi ibu hamil yang ke depannya, mereka akan menjadi pencipta generasi emas agar 2045 bebas dan zero stunting,” katanya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil mengatakan remaja putri berpotensi mengalami . Hal ini didasari oleh berbagai kebiasaan yang dialami dan sistem hormon dengan adanya menstruasi.

Kampanye Gizi Seimbang dan Gebyar Minum Tablet Tambah Darah (TTD) di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 11 Agusutus 2022.(Istimewa/Bogordaily.net)

Di antaranya cukup banyak remaja putri yang menjalani diet ketat namun secara gizi tidak terpenuhi dengan baik sehingga tidak seimbang. Di tambah oleh banyaknya aktivitas yang dijalani dalam keseharian.

“Dengan kita berikan TTD ini agar sehat dan menghadirkan generasi yang tidak stunting, jadi sehat mulai dari remaja putri,” ujar Atalia.

(Gibran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here