Friday, 19 April 2024
HomeBeritaSimak 5 Cara Berhenti Begadang, Yuk Coba!

Simak 5 Cara Berhenti Begadang, Yuk Coba!

Bogordaily.net – Selain mengganggu metabolisme tubuh, begadang berdampak pada fisik dan psikis, bahkan rutinitas tersebut padahal tidak baik.

Supaya hidupmu lebih baik dan terhindar dari berbagai penyakit seperti hipertensi, obesitas, serta depresi, kamu perlu berhenti begadang.

Mungkin terasa susah jika sudah terbiasa, tetapi kamu bisa berubah sedikit-sedikit agar berhenti dari kebiasaan buruk tersebut. Berikut 5 cara berhenti begadang, dikutip dari beberapa sumber :

1. Mengenali gaya hidupmu saat ini

Kamu tipe orang yang suka melakukan sesuatu saat pagi hari atau saat malam? Jika kamu lebih aktif di malam hari, kamu bisa mencoba tidur awal waktu dan bangun di malam hari.

Lalu berusahalah untuk melakukan aktivitas yang biasa kamu lakukan saat malam hari menjadi siang hari.

Misalnya jika kamu lebih suka mengerjakan tugas atau pekerjaan pada malam hari karena suasananya lebih tenang, maka kamu bisa membuat suasana yang tenang tersebut di siang hari. Kamu bisa pergi ke tempat-tempat tenang lalu mengerjakannya di sana.

Selain mengganggu metabolisme tubuh, begadang berdampak pada fisik dan psikis, bahkan rutinitas tersebut padahal tidak baik.

Niatkan dalam diri sendiri bahwa kamu akan berhenti begadang, lalu konsistenlah. Kamu juga bisa mulai membuat jadwal tidur dan bangun tidur.

Jika bisa, buatlah daftar manfaat yang kamu dapat jika tidak begadang, dan letakkan di tempat yang biasanya sering kamu lihat, dengan begitu kamu lebih semangat untuk berhenti begadang.

3. Menjaga pola hidup sehat

Pola hidup sehat bisa kamu mulai dengan makan-makanan bergizi, melakukan aktivitas fisik seperti joging saat pagi hari, berenang dan lainnya. Usahakan agar kamu berolahraga minimal 20-30 menit setiap hari.

4. Buat suasana tidur yang nyaman

Gunakan peralatan tidur seperti kasur yang empuk, lalu kamu bisa mematikan lampu agar mudah terlelap. Jika belum merasa mengantuk jangan beraktivitas di kamar tidur.

Gunakanlah kamarmu sebagai tempat tidur agar secara otomatis, jika kamu masuk kamar, maka kamu akan tertidur.

5. Jangan bermain gadget menjelang tidur

Targetkan atau tuliskan jam berapa kamu ingin tidur, lalu berkomitmenlah agar satu atau dua jam sebelum tidur kamu tidak menyentuh ponsel, laptop, bahkan menonton televisi.

Paparan layar dari benda elektronik tersebut hanya dapat menurunkan kualitas tidurmu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here