Saturday, 20 April 2024
HomeEkonomiSkenarionya Sudah Disiapkan Ibu Sri, Jika BBM Naik Bansos Siap Meluncur

Skenarionya Sudah Disiapkan Ibu Sri, Jika BBM Naik Bansos Siap Meluncur

bogordaily.net – Kabar soal harga untuk jenis pertalite nampaknya benar-benar bakal terjadi. Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah menyiapkan skenario jika keputusan tu benar-benar diambil. Jika , Bansos sudah siap meluncur.

Bantuan itu sebagai bantuan sosial (bansos) tambahan bagi masyarakat kelas bawah. Pemerintah telah menyiapkan sejumlah skenario untuk mengamankan rakyat kecil, jika harga bahan bakar minyak (BBM), khususnya Pertalite naik dalam waktu dekat.

Menurutnya, pemerintah telah menganggarkan dana Rp18 triliun diambil dari sisa program penanganan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC PEN).

“Bansos memang didesain apabila guncangan harga BBM dan listrik tidak bisa tertahan atau harus dilakukan adjustment sehingga butuh bansos tambahan,” ungkapnya dalam konferensi pers APBN Kita, dikutip Rabu 24 Agustus 2022.

Pertama, opsi menaikkan anggaran kompensasi dan subsidi energi. Namun, langkah ini akan semakin membebani APBN.

“Tiga-tiganya sama sekali tidak enak,” kata Sri Mulyani di DPR, Selasa 23 Agustus 2022.

Dari data Kemenkeu, realisasi Belanja Bantuan Sosial (Bansos) sampai dengan 31 Juni 2022 sebesar
Rp 71,22 triliun atau 50,00% dari pagu Perpres Nomor 98 Tahun 2022.

Adapun, pemanfaatan realisasi Bansos tersebut digunakan untuk penyaluran bantuan PKH tahap I dan II kepada 10 juta keluarga. Kemudian, penyaluran bantuan Kartu Sembako kepada 18,8 juta keluarga.

Selanjutnya, pelaksanaan bantuan langsung tunai (BLT) untuk menjaga daya beli masyarakat dampak kenaikan harga komoditas kepada 20,3 juta penerima yang disalurkan oleh Kementerian Sosial.

Kemudian, pembayaran bantuan premi iuran JKN bagi 84,9 juta jiwa peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Terakhir, penyaluran bantuan pendidikan oleh Kemendikbud dan Kemenag melalui Program Indonesia Pintar Pendidikan Dasar dan Menengah bagi 12,1 juta siswa dan KIP Kuliah kepada 615,05 ribu mahasiswa.***

sumber:cnbcindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here