Friday, 26 April 2024
HomeTravellingSoal Harga Tiket Pulau Komodo, RR: Wajar Warga Nolak

Soal Harga Tiket Pulau Komodo, RR: Wajar Warga Nolak

Bogordaily.net – Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli angkat bicara menanggapi tindakan kekerasan pihak kepolisian dalam merespons protes warga mengenai Pulau yang dianggap mahal.

Diketahui, pemerintah pusat bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur atau NTT menaikkan tarif tiket masuk Pulau dan Pulau Padar menjadi Rp3,75 juta per orang.

Padahal, sebelumnya biaya masuk Taman Nasional untuk ke tiga pulau Komodo, Padar, dan Rinca berkisar Rp200.000 per orang.

Menanggapi hal tersebut, warga setempat yang bergantung dan menjalankan aktivitas pariwisata di daerah itu protes dengan melakukan aksi mogok massal.

Rizal Ramli mengatakan kenaikan Pulau Komodo sebesar Rp3,75 juta nyaris sama dengan Disney Land selama dua hari.

Menurut Rizal Ramli, kenaikan tersebut akan merugikan pariwisata di kawasan Flores, NTT.

Karena sebab itulah, kata dia, merupakan hal yang wajar apabila warga melakukan aksi protes terkait masuk Pulau Komodo yang dinilai mahal itu.

“Protest rakyat terhadap mahalnya tiket ke Taman Komodo (Rp3,5 juta — nyaris sama dengan tiket 2 hari masuk Disney Land ($255)),” kata Rizal Ramli dalam cuitannya di media sosial Twitter, Selasa 2 Agustus 2022, dikutip dari Kompas, Rabu 3 Agustus 2022.

Rizal pun menyayangkan aksi protes warga terkait justru dihadapi dengan kekerasan oleh pihak kepolisian.

Menurutnya, menanggapi protes warga tersebut, seharusnya tidak perlu repot. Pemerintah hanya perlu menurunkan masuk objek wisata tersebut.

“Kok dihadapi dgn kekerasan ? Protes itu masuk akal krn akan merugikan parawisata di Flores. Tinggal turunin harga tiketnya, gitu aja kok repot,” ujar Rizal.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here