Monday, 6 May 2024
HomeKabupaten BogorSoal Wacana Tes Urine ASN, DPRD Kabupaten Bogor Sebut Bukan Solusi

Soal Wacana Tes Urine ASN, DPRD Kabupaten Bogor Sebut Bukan Solusi

Bogordaily.net–  Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) , Edi Kusmana Surya Atmaja, menyebut upaya kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah Bumi Tegar Beriman bukanlah solusi.

Hal tersebut menurutnya, jika ingin membuktikan para pejabat bebas dari penyalahgunaan narkotika dan sejenisnya yang utama harus dibenahi adalah terkait moralitasnya.

“Kalau menurut saya, bukan tes urinenya, moralnya harus dibangun. mah hanya pelengkap, tapi yang penting dedikasi dari yang bersangkutannya itu yang harus dikedepankan,” kata Anggota Komisi I DPRD , Edi Kusmana Surya Atmaja, kepada Bogordaily.net, Minggu 28 Agustus 2022.

tersebut, kata Edi, bukanlah solusi, karena bisa saja seseorang akan di tes urine, hari-hari selanjutnya tetap menggunakan narkotika. Untuk itu lebih tepatnya jika  moralitas lebih didahulukan.

Politisi tersebut juga menegaskan, tidak ada pihak yang menjamin bahwa, seseorang bebas dari penyalahgunaan narkotika. Yang bisa menjamin adalah diri sendiri, untuk itu moralitas lebih diutamakan.

“Moralnya yang paling penting, kita ini sebagai pejabat Negara, penyelenggara Negara, kembali lagi kepada pembangunan moral aja, itu aja. Tes urine itu bukan solusi menurut saya,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan ingin melakukan tes urine kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di untuk membuktikan bersih dari penyalahgunaan narkotika.

Iwan menjelaskan, seluruh ASN yang berada di  adalah pelayan publik, untuk itu ia ingin membuktikan mereka semua bebas dari penyalahgunaan narkotika melalui tes urine.

“Kami juga ingin clear dan clean, seluruh ASN di yang merupakan pelayan publik harus memberikan contoh yang baik, untuk itu seluruh ASN ini bersih dari narkoba,” kata Plt Bupati Bogor Iwan Setiawa, kepada wartawan, Jumat 5 Agustus 2022.

“Pembuktian ini kita akan lakukan dengan melakukan tes, mungkin tes narkoba itu bisa berbentuk tes urine ataupun tes yang lainnya,” sambung Iwan.(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here