Wednesday, 1 May 2024
HomePolitikSurvei LSI Denny JA: Publik yang Tak Puas dengan Jokowi Pilih Partai...

Survei LSI Denny JA: Publik yang Tak Puas dengan Jokowi Pilih Partai Ini

Bogordaily.net–  terbaru Lingkaran Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan mayoritas responden yang tak puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) cenderung akan memilih koalisi Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam Pilpres 2024 mendatang.

Peneliti , Ardian Sopa sebagaimana dilansir Suara.com memaparkan, dari hasil surveinya ada 30,3 persen publik yang menyatakan tidak puas dengan kinerja Jokowi.

“Sebesar 20,9 persen (responden yang tidak puas pada kinerja Jokowi) memilih poros Gerindra dan PKB, lalu 16,6 persen responden memilih poros KIB dan 16,4 persen memilih poros PDIP,” kata Ardian dalam paparannya yang dilakukan secara daring, Senin,  15 Agustus 2022.

Ardian menjelaskan, alasan publik tidak puas dengan kinerja Jokowi lebih memilih poros Gerindra-PKB, yakni karena dipengaruhi pilpres sebelumnya.

“Karena citra oposisi lebih kuat di Gerindra warisan Pilpres 2019,” sambungnya.

Adapun tiap poros ini diwakili oleh tokoh utamanya masing-masing.

Poros PDIP diwakili Ketua DPR Puan Maharani, lalu tokoh utama poros KIB adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan tokoh koalisi Gerindra-PKB adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Sementara itu  ini dilakukan dalam periode 24 Mei hingga 7 Juni dengan dilengkapi riset kualitatif sampai 14 Agustus. Metode menggunakan multistage random sampling. Jumlah responden sebanyak 1.200 dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here