Friday, 26 April 2024
HomePolitikTafsir Politik PPP, PKB: Jokowi Sedang Promosikan Siapa?

Tafsir Politik PPP, PKB: Jokowi Sedang Promosikan Siapa?

Bogordaily.net – PPP dan membuat tafsir politik nya. Siapa yang sedang dipromosikan ? Tafsir itu dibaca melalui gestur dan penampilannya bersama para capres yang sudah warawiri menjelang Pemilu 2024.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani misalnya. Menurut dia, dari aktivitas yang ditunjukan, tidak hanya menggantungkan endorsement itu kepada satu nama.

Dia mencontohkan bahwa saat ini berkembang pendapat bahwa melakukan endorse kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terkait 2024.

Anggapan itu, kata dia, adalah hal wajar, namun yang perlu dipahami juga bahwa tidak cuma Prabowo.

“Karena saya kira Pak Prabowo yang kami lihat itu juga terlihat dalam sejumlah kegiatan bersama Pak dan itu secara implisit sebetulnya menunjukkan endorsement. Tapi kan bukan hanya pak Prabowo saja kalau kita lihat, ada juga sosok-sosok yang lain,” ujar Arsul dikutip Jumat 5 Agustus 2022 seperti dikutip dari suaracom.

Menurut Arsul sinyal-sinyal tersirat ada endorse dari presiden, salah satunya juga terlihat ketika menugaskan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk menerima secara langsung kedatangan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese di Jakarta.

“Nah itu sebetulnya tanda-tanda zamanlah. Kalau buat saya itu beliau memberikan endorsement kepada sosok di kabinet yang memang oleh publik atau parpol itu disebut-sebut namanya sebagai capres atau cawapres potensial,” kata Arsul.

“Jadi yang mau saya bilang, itu pak Prabowo termasuk salah satu, tapi memang yang saya lihat bukan satu-satunya,” sambung Arsul.

Sinyal endorsement itu, menurut penilaian Arsul, tidak semata dilakukan kepada para calon potensial di kabinet. Hal serupa juga dilakukan kepada calon potensial yang berada di luar kabinet. Misalkan saja seperti saat menemui para relawan, di mana di pertemuan tersebut juga hadir Ganjar Pranowo.

“Kemudian di luar kabinet kan dari apa yang pernah disampaikan Pak Jokowi meskipun beliau menyampaikan ojo kesusu kan tapi dari bahasa tubuh ada juga. Seperti katakanlah Pak Ganjar. itu kami baca sebagai sebuah endorsement juga,” kata Arsul.

Jokowi Restui Semua Pasangan Capres-Cawapres

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa () Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berkeyakinan bahwa Presiden Jokowi bakal memberikan restu kepada tokoh-tokoh yang hendak mencalonkan diri sebagai presiden di Pilpres 2024.

Bukan hanya restu untuk calon presiden, Muhaimin optimis bahwa restu juga akan diberikan kepada calon wakil presiden. Dengan kata lain, ia berkeyakinan Jokowi mendukung setiap pasangan calon yang maju.

“Pak Jokowi pasti mendukung semua calon,” kata Muhaimin dalam keterangannya dikutip Kamis 4 Agustus 2022.

Menurut Wakil Ketua DPR RI ini, sudah menjadi wajar dan keharusan apabila Jokowi sebagai presiden dapat merestui para calon pengganti dirinya untuk memimpin Indonesia kelak.

“Presiden memang harus merestui semuanya,” kata Muhaimin.***

Sumber: Suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here