Tafsir Politik PPP, PKB: Jokowi Sedang Promosikan Siapa?

Menu

Mode Gelap
Pakai Mobil Mercy, Perempuan Ini Maling Cokelat di Minimarket Gereja di Mesir Kebakaran, 41 Tewas Termasuk 18 Anak-anak Jadwal dan Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Senin 15 Agustus 2022 Pencuri Jadi Bulan-bulanan Warga, Sempat Todong Pistol Bharada E Dipastikan Aman di Rutan Bareskrim Polri

Politik · 5 Agu 2022 10:55 WIB

Tafsir Politik PPP, PKB: Jokowi Sedang Promosikan Siapa?


 Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – PPP dan PKB membuat tafsir politik nya. Siapa yang sedang dipromosikan Jokowi? Tafsir itu dibaca melalui gestur dan penampilannya bersama para capres yang sudah warawiri menjelang Pemilu 2024.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani misalnya. Menurut dia, dari aktivitas yang ditunjukan, Jokowi tidak hanya menggantungkan endorsement itu kepada satu nama.

Dia mencontohkan bahwa saat ini berkembang pendapat bahwa Jokowi melakukan endorse kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terkait 2024.

Anggapan itu, kata dia, adalah hal wajar, namun yang perlu dipahami juga bahwa tidak cuma Prabowo.

“Karena saya kira Pak Prabowo yang kami lihat itu juga terlihat dalam sejumlah kegiatan bersama Pak Jokowi dan itu secara implisit sebetulnya menunjukkan endorsement. Tapi kan bukan hanya pak Prabowo saja kalau kita lihat, ada juga sosok-sosok yang lain,” ujar Arsul dikutip Jumat 5 Agustus 2022 seperti dikutip dari suaracom.

Menurut Arsul sinyal-sinyal tersirat ada endorse dari presiden, salah satunya juga terlihat ketika Jokowi menugaskan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk menerima secara langsung kedatangan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese di Jakarta.

“Nah itu sebetulnya tanda-tanda zamanlah. Kalau buat saya itu beliau memberikan endorsement kepada sosok di kabinet yang memang oleh publik atau parpol itu disebut-sebut namanya sebagai capres atau cawapres potensial,” kata Arsul.

“Jadi yang mau saya bilang, itu pak Prabowo termasuk salah satu, tapi memang yang saya lihat bukan satu-satunya,” sambung Arsul.

Sinyal endorsement itu, menurut penilaian Arsul, tidak semata dilakukan Jokowi kepada para calon potensial di kabinet. Hal serupa juga dilakukan Jokowi kepada calon potensial yang berada di luar kabinet. Misalkan saja seperti saat Jokowi menemui para relawan, di mana di pertemuan tersebut juga hadir Ganjar Pranowo.

“Kemudian di luar kabinet kan dari apa yang pernah disampaikan Pak Jokowi meskipun beliau menyampaikan ojo kesusu kan tapi dari bahasa tubuh ada juga. Seperti katakanlah Pak Ganjar. itu kami baca sebagai sebuah endorsement juga,” kata Arsul.

Jokowi Restui Semua Pasangan Capres-Cawapres

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berkeyakinan bahwa Presiden Jokowi bakal memberikan restu kepada tokoh-tokoh yang hendak mencalonkan diri sebagai presiden di Pilpres 2024.

Bukan hanya restu untuk calon presiden, Muhaimin optimis bahwa restu juga akan diberikan kepada calon wakil presiden. Dengan kata lain, ia berkeyakinan Jokowi mendukung setiap pasangan calon yang maju.

“Pak Jokowi pasti mendukung semua calon,” kata Muhaimin dalam keterangannya dikutip Kamis 4 Agustus 2022.

Menurut Wakil Ketua DPR RI ini, sudah menjadi wajar dan keharusan apabila Jokowi sebagai presiden dapat merestui para calon pengganti dirinya untuk memimpin Indonesia kelak.

“Presiden memang harus merestui semuanya,” kata Muhaimin.***

Sumber: Suara.com

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Partai Demokrat Mulai Fokus Bangun Koalisi Pada Desember Mendatang

15 Agustus 2022 - 14:05 WIB

Dari 40, Hanya 24 Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 yang Dokumennya Lengkap

15 Agustus 2022 - 08:28 WIB

Calon Peserta Pemilu 2024

Inalillahi, Anggota DPRD Kabupaten Bogor Ahmad Tohawi Meninggal Dunia

14 Agustus 2022 - 14:34 WIB

Menegakan Perbup

Waduh, Dua Partai Ini Belum Lengkapi Dokumen Pendaftaran Pemilu

14 Agustus 2022 - 10:39 WIB

Dokumen Pendaftaran Pemilu

Siap-Siap! 10 Parpol Tak Lengkapi Berkas Batal Ikut Pemilu 2024

13 Agustus 2022 - 19:20 WIB

Gerindra dan PKB Buka Peluang Koalisi dengan Partai Lain

13 Agustus 2022 - 17:38 WIB

Trending di Politik