Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaTaiwan Kerahkan Pesawat Jet Guna Mengusir 27 Pasukan China

Taiwan Kerahkan Pesawat Jet Guna Mengusir 27 Pasukan China

Bogordaily.net – Taiwan mengerahkan pesawat jet untuk mengusir 27 pasukan udara dari wilayah mereka. Ketegangan semakin meningkat pasca kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan 22 pesawat jet tempur di antaranya melintasi garis tengah yang memisahkan pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu dari di tengah meningkatnya ketegangan.

Kementerian mengatakan misi terbaru termasuk 16 pesawat tempur Su-30 dan 11 jet lainnya.

Sebuah sumber yang mengetahui perencanaan keamanan Taiwan mengatakan kepada Reuters bahwa 22 jet yang melintasi garis median tidak terbang terlalu jauh ke penyangga tidak resmi dari pihak . Tidak ada pesawat sisi yang biasanya melintasi garis median.

“Sebanyak 22 pasukan udara telah memasuki wilayah kami,” demikian pernyataan dari Kementrian Pertahanan Taiwan, dilansir dari Reuters, Kamis, 4 Agustus 2022.

menunjukkan kemarahannya atas kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke negara itu dalam 25 tahun dengan ledakan latihan militer di sekitar Taiwan, memanggil duta besar Amerika di Beijing dan menghentikan beberapa impor pertanian dari pulau itu.

Tak hanya mengusir , Taiwan juga akan terus memonitor pasukan di wilayah udara mereka. China menepati janji mereka untuk tidak tinggal diam setelah Amerika Serikat memutuskan untuk mengunjungi Taiwan dan mengabaikan banyak peringatan serta ancaman.

Sejak dikunjungi Pelosi, China melakukan latihan militer di Selat Taiwan dan semakin merusak hubungan antar negara.

Tindakan China membuat Amerika semakin frontal atas dukungan mereka kepada Taiwan, sementara hal itu membuat China geram dengan Amerika serikat dan memperburuk hubungan keduanya

Meskipun Amerika Serikat sempat merayu China agar hubungan diplomasi mereka tetap bisa berjalan lancar seperti biasanya, China justru berjanji akan membuat Amerika Serikat akan membayar ganjarannya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here