5 Macam Daun yang Digunakan Untuk Pembungkus Masakan

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022 : Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor Ini Syarat dan Lokasi Perpanjang Surat Izin Mengemudi di Kota Bogor

Nasional ยท 8 Agu 2022 22:11 WIB

Tak Hanya Piring, Berikut 5 Macam Daun yang Digunakan Untuk Pembungkus Masakan


 Tak Hanya Piring, Berikut 5 Macam Daun yang Digunakan Untuk Pembungkus Masakan Perbesar

Bogordaily.net – Penggunaan daun sebagai kemasan makanan dianggap merupakan pilihan yang bijak. Makanan yang dibungkus dengan daun biasanya mengeluarkan aroma yang lebih lezat. Berikut 5 macam daun yang bisa digunakan sebagai pembungkus masakan.

Zaman dahulu, ketika plastik belum ditemukan, orang-orang menggunakan daun sebagai pembungkus masakan mereka. Walaupun cara ini dikategorikan tradisional, namun hingga sekarang teknik memasak dengan dibungkus daun masih populer.

Berikut 5 macam daun yang bisa digunakan sebagai pembungkus masakan:

1. Daun Pisang

Umumnya, masyarakat Indonesia sejak dahulu kala sudah sering menggunakan daun pisang sebagai pembungkus alami yang dapat memberikan aroma wangi yang segar.

Dengan bentuknya yang besar dan juga panjang, dapat membuatnya membungkus porsi makanan ataupun kue dalam jumlah besar. Daun pisang ini juga bisa dipotong kecil untuk menyesuaikan dengan ukuran makanan yang akan dibungkus.

2. Daun Jati

Daun jati mempunyai tingkat ketebalan yang cukup tebal sehingga dapat membuat masakan tetap panas dalam waktu yang lebih lama.

Aroma masakan yang dibungkus daun jati pun lebih nikmat. Kuliner Indonesia yang identik dengan daun jati adalah nasi jamblang khas Cirebon.

Nasi jamblang terdiri dari nasi dengan lauk seperti sambal goreng, telur dadar, tempe, daging, ayam, perkedel, dan lain sebagainya, lalu disajikan dengan dibungkus atau dialasi daun jati.

3. Daun Pepaya

Walaupun mempunyai rasa yang pahit, ternyata daun papaya bisa digunakan untuk membungkus daging sehingga lebih cepat empuk.

Selain itu, salah satu kuliner Indonesia yang menggunakan daun pepaya sebagai pembungkus masakan adalah buntil. Buntil merupakan hidangan khas Jawa Tengah berupa kelapa parut yang dicampur dengan teri dan rempah-rempah, lalu dibungkus dengan daun papaya.

4. Daun Kelapa

Siapa yang tidak tahu ketupat? Makanan berupa beras yang dibungkus dalam anyaman daun kelapa ini sangat populer ketika lebaran tiba. Selain ketupat, daun kelapa juga digunakan untuk membuat clorot, kue tradisional khas Jawa berbahan tepung beras dan santan.

5. Daun Bambu

Mungkin terdengar sedikit asing ya, masa sih daun bambum digunakan bisa membungkus makanan? memangnya ada? Tentu saja ada, tapi memang jarang digunakan.

Sebelum menggunakannya, daun bambu harus direbus terlebih dahulu supaya bersih dan layak digunakan. Daun bambu umumnya digunakan untuk membungkus dodol, tempe, dan juga bacang.(*)

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Download 9 Link Twibbon HUT Korpri 2022 & Sejarahnya, Cek di Sini!

29 November 2022 - 08:34 WIB

Download 9 Link twibbon HUT Korpri 2022

29 November Hari Memperingati Apa? Simak Penjelasan di Sini

29 November 2022 - 06:23 WIB

29 November memperingati hari apa

Catat! Berikut Soal UTS Kelas 6 Semester 1 dan Kunci Jawaban 2022

28 November 2022 - 20:32 WIB

Soal UTS kelas 6 semester 1

Gempa Bumi Magnitudo 2,3 Kembali Guncang Cianjur

28 November 2022 - 18:46 WIB

gempa bumi cianjur

Gantikan Jenderal Andika, KSAL Yudo Margono Dipilih Jokowi Jadi Panglima TNI

28 November 2022 - 18:44 WIB

KSAL Yudo Margono Dipilih Jokowi Jadi Panglima TNI Gantikan Jendral Andika

KemenKopUKM Resmi Pecat Pelaku Kekerasan Seksual

28 November 2022 - 17:29 WIB

Pelaku Kekerasan Seksual KemenKopUKM
Trending di Nasional