Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalTak Hanya Piring, Berikut 5 Macam Daun yang Digunakan Untuk Pembungkus Masakan

Tak Hanya Piring, Berikut 5 Macam Daun yang Digunakan Untuk Pembungkus Masakan

Bogordaily.net – Penggunaan sebagai kemasan makanan dianggap merupakan pilihan yang bijak. Makanan yang dibungkus dengan biasanya mengeluarkan aroma yang lebih lezat. Berikut 5 macam yang bisa digunakan sebagai pembungkus masakan.

Zaman dahulu, ketika plastik belum ditemukan, orang-orang menggunakan sebagai pembungkus masakan mereka. Walaupun cara ini dikategorikan tradisional, namun hingga sekarang teknik memasak dengan dibungkus masih populer.

Berikut 5 macam yang bisa digunakan sebagai pembungkus masakan:

1. Pisang

Umumnya, masyarakat Indonesia sejak dahulu kala sudah sering menggunakan pisang sebagai pembungkus alami yang dapat memberikan aroma wangi yang segar.

Dengan bentuknya yang besar dan juga panjang, dapat membuatnya membungkus porsi makanan ataupun kue dalam jumlah besar. pisang ini juga bisa dipotong kecil untuk menyesuaikan dengan ukuran makanan yang akan dibungkus.

2. Jati

Daun jati mempunyai tingkat ketebalan yang cukup tebal sehingga dapat membuat masakan tetap panas dalam waktu yang lebih lama.

Aroma masakan yang dibungkus daun jati pun lebih nikmat. Kuliner Indonesia yang identik dengan daun jati adalah nasi jamblang khas Cirebon.

Nasi jamblang terdiri dari nasi dengan lauk seperti sambal goreng, telur dadar, tempe, daging, ayam, perkedel, dan lain sebagainya, lalu disajikan dengan dibungkus atau dialasi daun jati.

3. Daun Pepaya

Walaupun mempunyai rasa yang pahit, ternyata daun papaya bisa digunakan untuk membungkus daging sehingga lebih cepat empuk.

Selain itu, salah satu kuliner Indonesia yang menggunakan daun pepaya sebagai pembungkus masakan adalah buntil. Buntil merupakan hidangan khas Jawa Tengah berupa kelapa parut yang dicampur dengan teri dan rempah-rempah, lalu dibungkus dengan daun papaya.

4. Daun Kelapa

Siapa yang tidak tahu ketupat? Makanan berupa beras yang dibungkus dalam anyaman daun kelapa ini sangat populer ketika lebaran tiba. Selain ketupat, daun kelapa juga digunakan untuk membuat clorot, kue tradisional khas Jawa berbahan tepung beras dan santan.

5. Daun Bambu

Mungkin terdengar sedikit asing ya, masa sih daun bambum digunakan bisa membungkus makanan? memangnya ada? Tentu saja ada, tapi memang jarang digunakan.

Sebelum menggunakannya, daun bambu harus direbus terlebih dahulu supaya bersih dan layak digunakan. Daun bambu umumnya digunakan untuk membungkus dodol, tempe, dan juga bacang.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here