Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaTaliban Kutuk Serangan AS yang Tewaskan Pemimpin Al Qaeda Ayman Al Zawahiri

Taliban Kutuk Serangan AS yang Tewaskan Pemimpin Al Qaeda Ayman Al Zawahiri

Bogordaily.net–  Tewasnya pemimpin Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri akibat serangan pesawat tanpa awak alias drone yang dilancarkan Amerika Serikat (AS) dikecam rezim .

Pemimpin Al Qaeda, Ayman Al- Zawahiri tewas lantaran serangan drone di pada Minggu, 31 Juli 2022.

“(Emirat Islam) mengutuk keras serangan ini dengan dalih apa pun dan menyebutnya sebagai pelanggaran yang nyata terhadap prinsip-prinsip internasional dan Perjanjian Doha,” kata Juru Bicara , Zabiullah Mujahid, di Twitter sebagaimana dilansir CNNIndonesia.com, Selasa, 2 Agustus 2022.

Menurut Mujahid, serangan udara AS itu terjadi di sebuah rumah di daerah Sherpur, Ibu Kota Kabul, pada Minggu malam. Zawahiri dikabarkan bersembunyi di rumah tersebut untuk berkumpul bersama keluarganya.

Ia menerangkan mulanya insiden itu tak terdeteksi . Lalu keamanan dan layanan intelijen melakukan investigasi dan menemukan serangan tersebut adalah serangan drone AS.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden mengonfirmasi serangan dua drone Hellfire AS yang menewaskan Zawahiri. Ia mengatakan Zawahiri, seorang dokter asal Mesir yang menjadi pentolan Al Qaeda telah menjadi simbol internasional kelompok teroris itu sejak Osama bin Laden tewas.

Zawahiri terkenal dekat dengan bin Laden dan bahkan sempat menjadi dokter pribadinya.

“Dia (Zawahiri) sangat terlibat dalam perencanaan serangan 11 September 2001 [11/9], salah satu yang paling bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan 2.977 jiwa di Amerika,” kata Biden saat konferensi pers di Gedung Putih.

Ia juga mengatakan selama beberapa dekade, Zawahiri merupakan dalang serangan terhadap warga Amerika.

“Saya pun telah menyetujui serangan tepat sasaran memusnahkan dia (Zawahiri) dari medan perang sekali dan untuk selamanya,” ujar Biden lagi.

Sementara itu konflik yang melibatkan , Al Qaeda dan AS bukan kali pertama. Satu tahun setelah serangan 11 September 2001, AS menuduh turut menyembunyikan Osama bin Laden di . Pada April 2002, Washington lalu menginvasi yang saat itu juga tengah dikuasai dengan dalih memburu bin Laden.

Zawahiri juga disebut menjadi target AS sejak beberapa tahun terakhit, terutama usai tentara Amerika ditarik pulang dari Afghanistan pada Agustus 2021 lalu. Ia juga dituding membantu mendalangi serangan teror 9/11 yang menewaskan ribuan orang di Amerika.

Sejak serangan 9/11 itu, Zawahiri muncul di publik dengan berbagai video. Dalam beberapa rekaman ia mendesak umat Islam untuk berjihad dan melawan AS serta sekutu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here