Thursday, 28 March 2024
HomeTravellingTaman Nasional Gunung Halimun Salak Adakan Pemilihan Duta Tanahalisa 2022

Taman Nasional Gunung Halimun Salak Adakan Pemilihan Duta Tanahalisa 2022

Bogordaily.net – Pemilihan Tanahalisa 2022 yang diadakan oleh pihak Taman Nasional Gunung Salak, merupakan kegiatan pendidikan alam yang dikemas melalui kegiatan kreatif.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Balai Taman Nasional Gunung Salak yang bekerja sama dengan berbagai pihak, yaitu PT Indonesia Power Kamojang POMU Unit PLTP Gunung Salak, Star Energy Geothermal Salak, Ltd,PT Antam, Tbk. UBPE Pongkor didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak – Banten, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bogor serta Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan Pemilihan Tanahalisa Tahun 2022, diselenggarakan mulai dengan Pembukaan pada tanggal 23Juli 2022 sampai dengan puncaknya pada tanggal 2 Agustus 2022.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Road to HKAN (Hari Alam Nasional) yang jatuh pada setiap tanggal 10 Agustus.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap karantina yang dilaksanakan pada tanggal 25 sd 28 Juli 2022 di Pondok Rasamala – Gunung Bunder, dan tahap grand final yang dilakukan pada tanggal 1 sampai dengan 2 Agustus 2022 di Leuweung Geledegan Ecolodge.

Selama masa karantina, para peserta yang berjumlah 15 orang yang berasal dari Kabupaten Lebak, Bogor dan Sukabumi ini mendapatkan pembekalan materi terkait kegiatan konservasi alam yang dilaksanakndi Indonesia,terutama di Taman Nasional Gunung Salak.

Sementara itu dilakukan juga pembelajaran lapangan terkait pengembangan wisata alam dan pelepsliaran satwa Elang Jawa di Situ Gunung Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Adapun pada tahap Grand Final, para peserta mengikuti Question and Answer Test (Q&A test) yang ditujukan untuk menguji hasil pembelajaran pada masa karantina. Dilakukan juga unjuk bakat, untuk mengapresiasi bakat seni dan budaya yang dimiliki oleh para peserta.

Di puncak acara pada tanggal 2 Agustus 2022, dilaksanakan penobatan Tanahalisa 2022, serta penentuan para juara. Adapun yang menjadi juara pada TanahalisaTahun 2022 diantaranya:

Vanggi Eka Riski dari Kabupaten Sukabumi sebagai Tana Pinilih, Putri Intan Melina J. dari Kabupaten Lebak sebagai Halisa Pinilih, Ferdiansyah dari Kabupaten Lebak sebagai Pinilih II Putra Tanahalisa Tahun 2022.

(Albin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here