Friday, 29 March 2024
HomeBeritaBaca! Pembasmi Beragam Penyakit, Temulawak itu Ajaib

Baca! Pembasmi Beragam Penyakit, Temulawak itu Ajaib

Bogordaily.net – Anda suka membaca buku ini layak jadi rekomendasi. Judulnya Temulawak itu Ajaib.

Temulawak ternyata tergolong sebagai tanaman monokotil, tidak memiliki akar tunggang. Akar yang dimilikinya adalah akar rimpang.

Sebenarnya, akar rimpang adalah bagian batang tanaman yang berada di dalam tanah. Rimpang temulawak terbentuk di dalam tanah pada kedalaman sekitar 16 cm.

Akar rimpang terbentuk dengan sempurna, bercabang kuat, dan berwarna hijau gelap. Akar ini disebut juga sebagai umbi batang, umbi akar, atau akar tinggal (halaman 15).

Salah satu penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan temulawak adalah sembelit. Sembelit adalah gangguan pada sistem pencernaan yang mengakibatkan terjadinya pengerasan pada tinja. Akibatnya, penderita penyakit ini akan kesulitan untuk buang air besar. Sembelit juga dikenal dengan sebutan konstipasi (halaman 86).

Berikut ini pengobatan sembelit dengan temulawak yang dipaparkan dalam buku Temulawak itu Ajaib:

  • Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: 1 rimpang temulawak, 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa, air panas secukupnya.
  • Cara membuatnya yakni, cuci temulawak hingga bersih kemudian diiris tipis-tipis. Lalu, angin-anginkan hingga kering. Seduh bersama bahan lainnya dengan air panas secukupnya. Saring ke dalam gelas.
  • Aturan pakai: minum ramuan dua kali sehari, pagi dan sore. Lakukan hingga sembuh.

Temulawak juga bisa membantu menambah nafsu makan. Hamid Prasetya Subagja menjelaskan, biasanya masalah turunnya nafsu makan dialami oleh orang yang sedang sakit. Akan tetapi, sakit bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan menurunnya nafsu makan. Ada kondisi-kondisi tertentu yang juga bisa memicu masalah ini. Padahal, nafsu makan juga sangat kita butuhkan agar asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tetap tercukupi.

Berikut ini cara meramu temulawak untuk mengobati nafsu makan

  • Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: 2 rimpang temulawak, seperempat lengkuas, setengah genggam daun meniran, dan 3 gelas air.
  • Cara membuat: cuci semua bahan hingga bersih. Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Tunggu hingga air rebusan tersisa sekitar 2 gelas. Angkat kemudian saring.
  • Aturan pakai: minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Semoga terbitnya buku Temulawak itu Ajaib! karya Hamid Prasetya Subagja dapat menjadi panduan alternatif untuk mengobati penyakit.***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here