Tenang! Ada Uang Baru, Uang Lama Tetap Berlaku

Menu

Mode Gelap
Terbaru! Ini Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Jumat 30 Sepember 2022 Lagi! Kota Bogor Hujan Hari Ini, Jumat 30 September 2022 Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022

Ekonomi · 18 Agu 2022 17:23 WIB

Tenang! Ada Uang Baru, Uang Lama Tetap Berlaku


 Bank Indonesia (BI) merilis tujuh pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022. (YouTube Bank Indonesia/Bogordaily.net) Perbesar

Bank Indonesia (BI) merilis tujuh pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022. (YouTube Bank Indonesia/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Apa kabar nasib uang lama? Apakah masih berlaku dan akan ditarik? Pemerintah juga sudah membuat regulasi mengenai hal tersebut.

Menurut Bank Indonesia (BI), meski pemerintah sudah mencetak uang baru. Uang lama tetap berlaku dan tidak ada dilakukan penarikan.

Pengeluaran uang baru 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan uang Rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya. Uang lama tetap berlaku.

Jadi, seluruh uang Rupiah kertas ataupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Indonesia sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia.

Melansir CNBCIndonesia, sebagaimana diatur pada UU Mata Uang, pencabutan dan penarikan uang Rupiah dari peredaran ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia dan diumumkan melalui media massa.

Secara umum, desain hingga sosok pahlawan yang muncul di uang kertas baru 2022 masih sama seperti edisi sebelumnya.

Masyarakat juga harus mengetahui bagaimana cara membedakan?

BI menjelaskan memang masih mempertahankan aspek utama, seperti pahlawan nasional pada bagian depan dan tema kebudayaan Indonesia di bagian belakang.

Namun, ada tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yang membedakan dengan Uang TE 2016, yakni desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Inovasi tersebut bertujuan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan. Selain itu, edisi baru diklaim lebih sulit dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya.***

Artikel ini telah dibaca 7,600 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

BRI Kolaborasi dengan Majoo Berikan Solusi Digital untuk Merchant di Indonesia

1 Oktober 2022 - 15:14 WIB

KemenKopUKM Perkuat Kualitas Koperasi Sektor Riil di Sumatera Utara

1 Oktober 2022 - 15:05 WIB

Harga Kedelai Naik, Perajin Tempe di Bogor Menjerit

1 Oktober 2022 - 14:25 WIB

Hari Ini Pertamax Turun! Berikut Daftar Harga Terbaru BBM  

1 Oktober 2022 - 09:51 WIB

MenkopUKM: Smesco Hub Timur Perluas Pasar UMKM Indonesia Timur Hingga ke Mancanegara

30 September 2022 - 20:30 WIB

Cari Talenta Unggul di Bidang IT, BRI Kembali Buka BFLP IT

30 September 2022 - 19:02 WIB

Trending di Ekonomi