Friday, 29 March 2024
HomeEkonomiTerbatas! Berikut Cara Mendapatkan Uang Kertas Baru Emisi 2022

Terbatas! Berikut Cara Mendapatkan Uang Kertas Baru Emisi 2022

Bogordaily.net – Bank Indonesia () baru saja meluncurkan uang rupiah baru emisi 2022. Untuk bisa memilikinya, akses yang tersedia bagi masyarakat masih terbatas. Berikut cara mendapatkan uang baru emisi 2022.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Marlison Hakim mengatakan masyarakat yang ingin mendapatkan uang rupiah pecahan edisi 2022 baru bisa melalui .

Caranya dengan daftar di aplikasi Pintar dan langsung menukar ke gedung . Namun, ada batasan penukaran yang ditetapkan, seperti saat mendapatkan uang Rp75 ribu, edisi peringatan kemerdekaan RI ke-75 lalu.

“Saat ini penukaran di saja (sementara ini), maksimal penukaran Rp1 juta. Ini bisa dilakukan di aplikasi pintar atau datang langsung ke ,” ujarnya, Kamis, 18 Agustus 2022.

Dengan aplikasi PINTAR, masyarakat terlebih dahulu melakukan pemesanan. Sebelum melakukan penukaran uang baru 2022 melalui mobil kas keliling .

Sementara itu, akses aplikasi PINTAR baru bisa diakses oleh masyarakat pukul 11.WIB.

Masyarakat yang sudah mendaftar secara online di aplikasi PINTAR BI, bisa mendatangi lokasi penukaran uang baru 2022 di wilayah Jawa barat yang dimulai pada tanggal 19 Agustus 2022.

Berikut cara mendapatkan uang baru emisi 2022:

Cara tukar uang baru secara online:

1. Menyiapkan KTP
2. Kunjungi laman pintar.bi.go.id.
3. Pilih menu ‘Penukaran Uang Rupiah melalui Kas Keliling'
4. Pilih provinsi lokasi penukaran uang rupiah yang sesuai.
5. Pilih lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia.
6. Mengisi data pemesanan, seperti NIK KTP, nama, nomor telepon, serta email yang aktif.
7. Isi jumlah lembar/keping uang rupiah yang akan ditukarkan (sesuai peraturan jumlah dan jenis pecahan yang telah ditentukan BI).
8. Lakukan pemesanan selanjutnya, untuk memperoleh bukti pemesanan layanan penukaran uang rupiah melalui kas keliling.

Sementara itu, untuk penukaran di perbankan bisa mulai dilakukan Jumat, 19 Agustus 2022. Karena BI mulai menyalurkan secara merata ke perbankan di tanah air mulai hari ini, setelah diluncurkan secara resmi.

Meski demikian, stok yang dimiliki perbankan masih terbatas, karena baru mulai dikirim hari ini. Sebab, ini adalah tahap awal untuk pengenalan ke masyarakat.

“Di perbankan bisa sesuai ketersediaan mereka, apakah satu pak atau dua pak,” kata dia.

Selanjutnya, penukaran uang emisi baru bisa dilakukan pada akhir pekan ini kepada BI. Sama dengan di perbankan, namun tanpa batasan.

“Kalau nggak sabar, Jumat, Sabtu dan Minggu bisa datang ke GBK Hall Basket Indoor. BI akan hadir disana dan masyarakat bisa menukarkan uang di sana,” ujarnya.(*)

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here