Thursday, 25 April 2024
HomeEkonomiTertinggi dalam Sebulan, Harga Emas Dunia Makin Berkilau

Tertinggi dalam Sebulan, Harga Emas Dunia Makin Berkilau

Bogordaily.net–  kembali naik. Pada perdagangan Jumat, 4 Agustus 2022 pagi, dunia di pasar spot berada di US$ 1.792,09 per troy ons. menguat 0,06% sekaligus jadi yang tertinggi sejak 4 Juli.

Dalam sepekan sebagaimana dilansir CNBC Indonesia, menguat 1,52% secara point to point. Dalam sebulan, juga naik 1,57% tetapi dalam setahun masih turun 0,66%.

David Meger, dari High Ridge Futures, mengatakan terus melambung karena krisis di wilayah Taiwan. Pelemahan yield surat utang pemerintah Amerika Serikat (AS) dan dolar AS juga semakin mendorong penguatan .

Seperti diketahui, China meluncurkan latihan perang besar-besaran di Selat Taiwan, Kamis 4 Agustus 2022. Latihan ini melibatkan kapal perang, jet tempur, dan rudal-rudal China.

China meluncurkan latihan militer skala besar itu setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi berkunjung ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri dalam 25 tahun tersebut. Hal ini membuat China marah lantaran dianggap mendukung kemerdekaan Taiwan.

“Kita lihat ketegangan AS dan China menambah daya dorong bagi pergerakan . terus menguat,” tutur Meger, kepada Reuters.

Yield surat utang pemerintah AS tenor 10 tahun melandai ke 2,69% atau terendah dalam tiga hari terakhir. Sementara itu, Dollar Index berada di 105,69 atau terendah dalam tiga hari terakhir.

Pelemahan dollar AS sangat menguntungkan karena emas menjadi lebih murah sehingga daya tariknya meningkat.

“Yield terus melandai dan dolar AS juga melemah dalam beberapa hari terakhir. Ini menjadi kunci penting dalam penguatan emas,” imbuhnya.

Analsi OANDA Craig Erlam mengatakan pergerakan emas hari ini akan bertumpu pada data tenaga kerja AS.***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here