Wednesday, 1 May 2024
HomeBeritaTiga Tewas dalam Gempuran Israel ke Wilayah Suriah Dekat Pangkalan Rusia

Tiga Tewas dalam Gempuran Israel ke Wilayah Suriah Dekat Pangkalan Rusia

Bogordaily.net–  Serangan ke wilayah yang berdekatan dengan pangkalan militer Rusia di negara itu mengakibatkan tiga orang tewas.

Seorang sumber militer kepada kantor berita SANA, sebagaimana dikutip CNN Indonesia dari AFP menyebut agresi menyebabkan kematian tiga tentara dan melukai tiga orang lainnya.

“Agresi itu menyebabkan kematian tiga tentara,” kata seorang sumber militer kepada kantor berita SANA, sebagaimana dikutip AFP.

Dua sumber militer mengatakan kepada Reuters serangan itu menargetkan satu tempat yang dikelola oleh kelompok pro-Hizbullah, kelompok Libanon pendukung Iran. Meski menargetkan situs pro-Iran, serangan ini menjadi sorotan karena berlokasi dekat pangkalan militer Rusia di .

Selama ini, memang kerap melancarkan serangan di daerah-daerah Suriah terkait Iran, tapi tak pernah mendekati kawasan tempat militer Rusia bermarkas. Serangan kali ini terjadi di dekat satu-satunya pangkalan angkatan laut Rusia di Tartous. Di sana, kapal-kapal perang Rusia bersandar.

Wilayah itu juga berdekatan dengan Provinsi Latakia dan berdiri pangkalan udara yang menampung pasukan Rusia, yaitu Hmeimim.

Sementara itu sepanjang perang sipil di Suriah, Rusia membantu rezim Presiden Bashar al-Assad. Mereka kerap kali bekerja sama dengan Iran, yang merupakan musuh bebuyutan . Rusia biasanya mengabaikan serangan-serangan ke situs-situs pro-Iran di Suriah. Namun kini hubungan dan Rusia merenggang karena invasi Ukraina.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here